Jumat, 3 Mei 2024

Pemkot Bangun SLB Negeri Khusus Warga Surabaya Mulai 2024

Laporan oleh Meilita Elaine
Bagikan
Eri Cahyadi Wali Kota Surabaya menyebut rencana pembangunan SLB akan dimulai pada 2024. Foto: Meilita suarasurabaya.net

Pemerintah Kota (Pemkot) Surabaya akan mendirikan Sekolah Luar Biasa (SLB) negeri mulai jenjang SD hingga SMA khusus untuk warga Surabaya.

Eri Cahyadi Wali Kota Surabaya menyebut rencana pembangunan SLB tersebut akan dimulai pada 2024 mendatang.

“Kami akan berkoordinasi dengan Pemprov Jawa Timur karena kewenangan provinsi (untuk jenjang SMA). Kalau dibangun provinsi kan (warga) seluruh Jatim bisa masuk. Tapi kami ingin SLB mewadahi dan memfasilitasi arek-arek Suroboyo. Biaya dari kami. Kami koordinasikan,” jelas Eri pada  Sabtu (22/7/2023).

Menurut Eri, rencana ini muncul karena kesadaran SLB yang membutuhkan biaya mahal. Untuk itu, ingin SLBN tersedia di semua jenjang. Mulai SD, SMP, dan SMA.

Terpisah, Suhartono Kabid Pendidikan Khusus dan Layanan Khusus (PKLK) Dinas Pendidikan Provinsi Jawa Timur (Jatim) mendukung pembangunan yang diwacanakan Pemkot Surabaya.

“Belum ada komunikasi (dari Pemkot). Tapi kalau memang Pak Wali Kota berencana membangun (SLB), kami sangat senang. Karena di Surabaya memang belum ada SLB Negeri,” terangnya.

Apalagi secara data tahun 2020, ada 5,5 persen anak disabilitas yang tidak sekolah di Jatim. “Adanya sekolah SLB terutama Negeri memang dibutuhkan masyarakat,” imbuhnya.

Pembangunan SLB Negeri, lanjutnya, sama dengan pendirian sekolah pada umumnya. Mempersiapkan perizinan, lahan dan lain sebagainya.

“Tanah seluas 500 meter persegi masih bisa (untuk membangun). Kalau untuk jumlah siswanya bisa 3 hingga 8 kelas,”

Tapi menurutnya, SLB artinya menyediakan semua jenjang mulai TK, SD, SMP dan SMA dalam satu lokasi. “Jadi kalau SLB itu berarti ada TKLB, SDLB, SMPLB dan SMALB dalam satu kesatuan,” tandasnya. (lta/saf/faz)

Berita Terkait

Potret NetterSelengkapnya

Massa Hari Buruh Berkumpul di Frontage Ahmad Yani

Motor Tabrak Pikap di Jalur Mobil Suramadu

Mobil Tertimpa Pohon di Darmo Harapan

Surabaya
Jumat, 3 Mei 2024
26o
Kurs