Senin, 29 April 2024

Pemkot Madiun Beri Vaksin Rabies Gratis untuk Hewan Peliharaan Warga

Laporan oleh Ika Suryani Syarief
Bagikan
Kegiatan pemberian vaksin rabies bagi hewan peliharaan kucing dan anjing secara gratis yang digelar Dinas Ketahanan Pangan dan Pertanian Kota Madiun, Kamis (22/6/2023). Foto: Antara

Dinas Ketahanan Pangan dan Pertanian (DKPP) Kota Madiun, Jawa Timur menggelar pemberian vaksin rabies gratis bagi kucing dan anjing milik warga setempat guna mencegah sebaran virus rabies di daerah itu.

Totok Sugiharto Kepala Dinas Ketahanan Pangan dan Pertanian Kota Madiun mengatakan, kegiatan itu dilakukan selain upaya pencegahan menularnya virus rabies ke manusia, juga agar hewan piaraan kucing dan anjing menjadi lebih sehat.

“Vaksin rabies ini gratis. Dinas menyediakan 200 paket vaksin rabies bagi kucing dan 50 paket untuk anjing,” ujar Totok di sela kegiatan vaksin di kantor dinas setempat, Kamis (22/6/2023), seperti dilaporkan Antara.

Menurut dia, pemberian vaksin tersebut dilakukan bekerja sama dengan Persatuan Dokter Hewan wilayah 5 Jawa Timur. Hal itu sebagai upaya mendukung program bebas rabies di Kota Madiun, sekaligus dalam rangka peringatan Hari Jadi Kota Madiun ke-105.

Pihaknya mengatakan selama ini belum ada temuan kasus sebaran rabies terhadap binatang piaraan kucing dan anjing di wilayah Kota Madiun. Namun demikian, dinasnya tak ingin lengah sehingga perlu dilakukan tindakan pencegahan, salah satunya dengan kegiatan vaksin yang rutin digelar.

Terdapat sejumlah syarat yang harus dipenuhi untuk pemberian vaksin rabies kepada piaraan kucing dan anjing. Yakni, hewan peliharaan yang divaksin dalam kondisi sehat, tidak bunting, dan umur hewan minimal enam bulan.

Dia melanjutkan, program vaksinasi rabies gratis itu cukup membantu masyarakat untuk menjaga hewan peliharaan agar lebih sehat dan aman. Karena jika membayar sendiri cukup mahal, yakni sekitar Rp150-200 ribu.

“Untuk itu, kami menjaga pecinta hewan dan hewan peliharaannya. Juga, menjaga hubungan pecinta hewan dengan lingkungan sekitar agar tetap sehat dan aman,” tambahnya.

Dengan penyuntikan vaksin tersebut, diharapkan binatang piaraan kucing dan anjing milik warga Kota Madiun jadi sehat dan terbebas dari virus rabies.(ant/iss)

Berita Terkait

Potret NetterSelengkapnya

Motor Tabrak Pikap di Jalur Mobil Suramadu

Mobil Tertimpa Pohon di Darmo Harapan

Pagi-Pagi Terjebak Macet di Simpang PBI

Surabaya
Senin, 29 April 2024
27o
Kurs