Minggu, 28 April 2024

Pemkot Surabaya Bakal Bagi 20 Ribu Lebih Bendera Merah Putih Jelang HUT Ke-78 RI

Laporan oleh Meilita Elaine
Bagikan
Berkibarnya sang merah putih. Foto: Risky suarasurabaya.net

Pemerintah Kota (Pemkot) Surabaya bakal membagi 20 ribu lebih bendera merah putih untuk masyarakat menjelang Hari Ulang Tahun (HUT) ke-78 Kemerdekaan Republik Indonesia (RI).

Upaya itu bentuk komitmen menyukseskan program pembagian 10 juta bendera merah putih yang dicanangkan Kementerian Dalam Negeri (Kemendagri) RI. Nantinya, seluruh Aparatur Sipil Negara (ASN) Surabaya diwajibkan menyumbang bendera merah putih.

“Jadi, Pemkot Surabaya sudah melakukan pengumpulan bendera merah putih dari ASN di lingkungan Pemkot Surabaya,” kata Maria Theresia Ekawati Rahayu Kepala Badan Kesatuan Bangsa dan Politik (Bakesbangpol) Kota Surabaya, Jumat (23/6/2023).

Kewajiban mengumpulkan bendera itu sudah tercantum dalam Surat Edaran (SE) Gerakan Pembagian Bendera Merah Putih Tahun 2023, yang ditandatangani oleh Ikhsan Sekda Kota Surabaya. Jumlah sumbangan itu disesuaikan dengan tingkat jabatan ASN.

“Ada yang per orang diminta menyumbangkan 45 bendera, ada yang 10 hingga lima bendera tergantung kelompok jabatannya masing-masing,” kata Yayuk sapaan akrabnya.

Total akan ada 24.524 Bendera Merah Putih yang dikumpulkan Pemkot Surabaya. Jumlah itu meningkat seribu lebih dibanding dengan tahun lalu.

“Jumlah ini sudah melebihi dari tahun 2022 lalu yang jumlahnya sebanyak 23.104 bendera,” kata dia.

Sementara untuk proses pengumpulan bendera sudah dimulai 1 Juni 2023 sampai 21 Agustus 2023. Setelahnya, baru disebarkan ke masyarakat.

“Yang paling penting lagi, kami juga minta bendera-bendera itu harus dibeli dari UMKM Surabaya binaan Pemkot Surabaya, sehingga nanti kami harapkan pengumpulan bendera ini juga bisa menggerakkan perekonomian warga melalui UMKM Surabaya,” tegasnya.

Selain ASN, seluruh pelaku usaha dan juga BUMD di lingkungan Pemkot Surabaya juga diminta berpartisipasi dalam gerakan pembagian 10 juta Bendera Merah Putih tahun 2023 ini. Imbauan itu juga sudah disebarluaskan kepada pelaku usaha dan BUMD di lingkungan Pemkot Surabaya.

“Ini penting karena Bendera Merah Putih itu merupakan identitas, simbol, dan alat pemersatu masyarakat Indonesia,” katanya.

Diketahui pencanangan pembagian 10 juta bendera merah putih itu sudah dilakukan oleh Pemkot Surabaya mulai 1 Juni 2023, tepatnya pada saat Hari Lahir Pancasila.

Perwakilan yang sudah menerima bendera diantaranya Perwakilan Forum Pembauran Kebangsaan, terdiri dari perwakilan suku, adat, ras yang ada di Kota Surabaya.

Kemudian Perwakilan Forum Kerukunan Umat Beragama, Perwakilan Forum Kewaspadaan Dini Masyarakat Kota Surabaya, Forum LPMK, Duta Purna Paskibraka Indonesia, dan perwakilan Camat juga jaring Panca Mandala Kota Surabaya.

“Secara simbolis saat itu kami menyerahkan kepada enam perwakilan dan selanjutnya kami harapkan mereka bisa meneruskan itu kepada masing-masing jajarannya, termasuk kepada masyarakat di lingkungannya masing-masing,” jelasnya.

Oleh karena itu, ia juga mengimbau kepada seluruh warga Kota Surabaya untuk ikut meramaikan gerakan pembagian 10 juta Bendera Merah Putih ini.

Bagi dia, gerakan semacam ini sangat penting untuk menggugah rasa cinta tanah air dan untuk meningkatkan semangat nasionalisme seluruh masyarakat Indonesia, terutama di Surabaya. “Mari kita ramaikan bersama-sama,” pungkasnya. (lta/bil/faz)

Berita Terkait

Potret NetterSelengkapnya

Motor Tabrak Pikap di Jalur Mobil Suramadu

Mobil Tertimpa Pohon di Darmo Harapan

Pagi-Pagi Terjebak Macet di Simpang PBI

Surabaya
Minggu, 28 April 2024
28o
Kurs