Jumat, 29 Maret 2024

Pemkot Surabaya Bantu Serahkan Fasum Warga Darmo Hill dari Pengembang

Laporan oleh Billy Patoppoi
Bagikan
Tasyakuran warga Darmo Hill yang dihadiri Armuji Wakil Walikota Surabaya menyusul segera dinikmatinya fasum pada Minggu (8/1/2023). Foto: Antara/ Diskominfo Surabaya

Pemerintah Surabaya membantu penyelesaian penyerahan fasilitas umum (fasum) warga di perumahan Darmo Hill, yang selama ini menjadi salah satu objek sengketa antara warga dengan pihak pengembang setempat.

Armuji Wakil Wali (Wawali) Kota Surabaya dalam keterangan tertulisnya di Surabaya, Senin (9/1/2023), mengatakan kalau yang dilakukan Pemkot Surabaya sudah merupakan kewajiban untuk dapat mengimplementasikan pengelolaan prasarana, sarana dan utilitas bagi kesejahteraan warga.

“Yang terpenting warga Surabaya harus sejahtera dalam pembangunan hukum tertingginya adalah kemaslahatan warga berdasarkan peraturan yang berlaku,” kata Armuji seperti dilansir Antara.

Untuk itu, kata dia, Dinas Perumahan Rakyat dan Kawasan Permukiman serta Pertanahan (DPRKPP) Surabaya akan mendata pengembang di Surabaya yang belum menyerahkan fasum. Ini dilakukan agar tidak menimbulkan permasalahan di kemudian hari.

“Pengembang yang belum menyerahkan fasum agar segera diserahkan, sehingga perawatannya nanti dapat dilakukan intervensi kebijakan dari Pemkot Surabaya,” ujarnya.

Di sisi lain, Tony Sutikno Ketua RT 04 RW 05 Darmo Hill menyampaikan terima kasih-nya kepada jajaran Pemkot Surabaya, yang sudah membantu mendapatkan fasum untuk warga RT 04 Darmo Hill.

“Dengan ini, pengelolaan fasum dapat dilakukan secara mandiri oleh warga,” kata Tony.

Toni mengatakan proses penyerahan fasum berupa sebidang lahan kosong seluas 1.600 meter persegi tersebut dalam proses tahap akhir. Saat ini tinggal surat menyurat antara Badan Pengelolaan Keuangan dan Aset Daerah (BPKAD) Kota Surabaya dengan pihak Camat Dukuh Pakis.

“Kalau sudah selesai dari camat diserahkan ke kami untuk dikelola dengan status pinjam pakai,” ujarnya.

Menurut Toni, warga sudah berencana memanfaatkan lahan fasum tersebut menjadi balai RT sebagai pusat kegiatan warga, seperti fasilitas olahraga berupa senam untuk ibu-ibu, taman bermain dan lainnya.

Sebelumnya ratusan warga Darmo Hill menggelar tasyakuran menyusul segera dinikmatinya fasum pada Minggu (8/1/2023). Tasyakuran tersebut dihadiri Armuji Wawali Surabaya. (ant/bil/rst)

Berita Terkait

Potret NetterSelengkapnya

Kecelakaan Mobil Porsche Seruduk Livina di Tol Porong

Mobil Tertimpa Pohon di Darmo Harapan

Pagi-Pagi Terjebak Macet di Simpang PBI

Surabaya
Jumat, 29 Maret 2024
25o
Kurs