Senin, 29 April 2024

Pemkot Surabaya Buka Layanan Aktivasi IKD di Mal Setiap Akhir Pekan

Laporan oleh Billy Patoppoi
Bagikan
Layanan aktivasi Identitas Kependudukan Digital (IKD) yang dibuka Dispendukcapil Kota Surabaya di Suara Surabaya Center beberapa waktu lalu. Foto: Dok/ surabaya.go.id

Pemerintah Kota (Pemkot) Surabaya melalui Dinas Kependudukan dan Pencatatan Sipil (Dispendukcapil) membuka layanan aktivasi Identitas Kependudukan Digital (IKD) di Mal Surabaya setiap akhir pekan.

Agus Imam Sonhaji Kepala Dispendukcapil Kota Surabaya mengatakan, pelayanan aktivasi IKD di mal tersebut akan bekerja sama dengan Asosiasi Pengelola Mal di Kota Pahlawan.

Pelayanan itu sekaligus dalam rangka menyambut Hari Jadi Kota Surabaya (HJKS) ke-730, setiap 31 Mei dengan agenda tahunan lain Surabaya Shopping Festival (SSF).

“Disdukcapil Surabaya berinisiatif mengadakan kerja sama dengan pihak Asosiasi Pengelola Mal Kota Surabaya untuk memfasilitasi masyarakat melakukan aktivasi IKD di Mal sembari berbelanja,” ujarnya, Sabtu (13/5/2023) dikutip dari surabaya.go.id.

Menurutnya, aktivasi di mal tersebut sebagai bentuk pelayanan jemput bola kepada masyarakat. Harapannya, ketika pasokan blanko KTP-el dari Kementerian Dalam Negeri (Kemendagri) di awal 2024 dihentikan, sebagian besar warga Surabaya sudah memiliki IKD atau KTP Digital.

“Setelah sukses uji coba pelayanan aktivasi IKD di Galaxy Mal pada minggu lalu, akhir pekan ini dan seterusnya dilaksanakan serentak di beberapa lokasi mal sekaligus,” ujarnya.

Kepala Dispendukcapil menjabarkan persyaratan untuk mengajukan aktivasi IKD di Mal, di antaranya sudah memiliki KTP-elektronik atau pernah melakukan perekaman KTP-elektronik.

“Kemudian, memiliki gawai atau smartphone berbasis android, dan dapat mengoperasikan gawai atau smartphone dengan baik,” sambungnya.

Sebelum mengajukan aktivasi IKD kepada petugas, para pemohon diharapkan mengunduh aplikasi Identitas Kependudukan Digital (IKD) melalui Playstore. Kemudian pemohon mengisi data diri dan melakukan swafoto untuk mempersingkat durasi aktivasi.

“Jumlah aktivasi IKD sampai (Sabtu) hari ini per pukul 12.00 WIB mencapai 51.875,” pungkasnya.

Jadwal layanan aktivasi IKD dibuka pada Sabtu-Minggu tanggal 13-14 Mei dan 27-28 Juni 2023 di lima mal Surabaya, yaitu Grand City Mall, Trans Icon, Plaza Surabaya, Galaxy Mall dan Ciputra World, dibuka mulai pukul 10.00-21.00 WIB.

Kemudian, Sabtu-Minggu tanggal 20-21 Mei dan 3-4 Juni 2023, layanan aktivasi IKD tersedia di dua mal Surabaya, yakni Pasar Atom dan World Trade Center (WTC). Layanan di kedua mal tersebut dibuka mulai pukul 10.00-16.00 WIB. Pada tanggal yang sama, layanan aktivasi IKD juga tersedia di Plaza Marina, Kaza Mall, Maspion Square dan Lagoon Mall. Layanan di empat mal tersebut dibuka mulai pukul 10.00-21.00 WIB.(bil/rid)

Berita Terkait

Potret NetterSelengkapnya

Motor Tabrak Pikap di Jalur Mobil Suramadu

Mobil Tertimpa Pohon di Darmo Harapan

Pagi-Pagi Terjebak Macet di Simpang PBI

Surabaya
Senin, 29 April 2024
31o
Kurs