Selasa, 3 Oktober 2023

Pemprov Jatim Borong 10 Kategori Anugerah Adinata Syariah

Laporan oleh Billy Patoppoi
Bagikan
Ma'ruf Amin Wapres (kiri) menyerahkan penghargaan juara umum Anugerah Adinata Syariah kepada Khofifah Indar Parawansa Gubernur Jatim di Jakarta, Jumat (26/5/2023). Foto: Antara/ Biro Adpim Jatim

Pemerintah Provinsi Jawa Timur (Pemprov Jatim) meraih juara umum Anugerah Adinata Syariah yang digelar Komite Nasional Ekonomi dan Keuangan Syariah (KNEKS), dengan memborong enam penghargaan dari 10 kategori yang dikompetisikan.

Khofifah Indar Parawansa Gubernur Jatim dalam kerangan tertulisnya, Minggu (29/5/2023) mengatakan, enam penghargaan yang diraih Jatim di antaranya juara satu di tiga kategori, yaitu industri halal, inkubasi usaha syariah dan keuangan mikro syariah.

“Selain itu meraih juara dua di dua kategori, yaitu pendidikan dan pemberdayaan ekonomi pesantren, serta zona kuliner halal, aman dan sehat. Di kategori keuangan syariah kita meraih juara lima,” kata Khofifah dikutip Antara.

Gubernur sebelumnya menerima penghargaan juara umum yang diserahkan oleh Ma’ruf Amin Wakil Presiden (Wapres) itu di Jakarta, pada 26 Mei 2023 lalu.

Dalam kesempatan itu, Wapres yang juga Ketua Harian KNEKS mengapresiasi kerja keras Pemprov Jatim, dalam menggerakkan perekonomian dan keuangan syariah.

“Jatim keluar sebagai juara umum dengan perolehan juara pertama di tiga kategori menunjukkan bahwa perekonomian dan keuangan syariah di daerah-daerah sudah mulai tumbuh positif,” ujarnya.

Ma’ruf Amin mengungkapkan bergeraknya roda perekonomian dan keuangan syariah di daerah, tidak terlepas dari peran pemangku kebijakan, terutama pemimpin daerah.

“Peran pemimpin daerah di setiap provinsi itu krusial untuk mengoptimalkan tiap sektor ekonomi syariah,” katanya.

Dia menjelaskan pemimpin daerah berperan mulai dari mengarahkan kebijakan pembangunan, hingga menggali dan mengoptimalkan sektor ekonomi syariah unggulan di daerahnya masing-masing.

Untuk itu, kepala daerah diharapkan bisa memberikan dukungan berkelanjutan terhadap program ekonomi dan keuangan syariah, serta melakukan penguatan sinergi dan keselarasan program antara pusat dan daerah.

“Jadikan penghargaan ini sebagai referensi kinerja, pemacu semangat, serta pertukaran inspirasi dan praktik baik di daerah. Kami juga mendorong upaya konkret untuk memperluas diseminasi informasi dan peningkatan literasi terkait potensi daerah dan kontribusi ekonomi syariah terhadap pembangunan negara,” tuturnya. (ant/bil/rst)

Berita Terkait

Potret NetterSelengkapnya

Mobil Terperosok di Parit depan supermarket Jl AR Hakim Surabaya

Anak Bersepeda di Jalan Tol Waru-Juanda

Kemeriahan Karnaval di Mojoagung Jombang

Kecelakaan Mobil Pikap Terbalik di Bunder Gresik

Surabaya
Selasa, 3 Oktober 2023
29o
Kurs