Jumat, 29 Maret 2024

Pencarian Wisatawan Tenggelam di Pantai Trenggalek Terkendala Cuaca

Laporan oleh Billy Patoppoi
Bagikan
Suasana pencarian wisatawan hilang terseret arus laut Pantai Prigi, Trenggalek, Kamis (1/1/2023). Foto: Antara/ Polsek Trenggalek

Pencarian wisatawan yang hilang terseret ombak di Pantai Prigi, Trenggalek, Jawa Timur, Minggu (1/1/2023), terpaksa dihentikan karena terkendala cuaca buruk.

Yoni Fahriza Koordinator Basarnas Pos SAR Trenggalek mengatakan empat unit perahu milik Basarnas, Polairud, dan kapal nelayan segeran menepi ke dermaga begitu hujan disertai angin melanda wilayah Teluk Prigi sekitar pukul 15.30 WIB.

Pencarian, kata dia, akan dilanjutkan dan diperluas Senin (2/1/2023) besok, hingga radius lima sampai enam kilometer sekitar lokasi kejadian

“Kami akan perluas di kanan-kiri teluk. Biasanya, kejadian (orang tenggelam) ditemukan tidak jauh dari Teluk Prigi,” kata Yoni seperti dikutip Antara.

Selain berpotensi badai, ombak di tepi Pantai Prigi cukup tinggi sehingga mempersulit proses pencarian. Akibatnya, upaya pencarian dan pertolongan terhadap Angga Jefri korban yang dinyatakan masih hilang, dihentikan sementara.

“Ombak disertai angin membuat proses pencarian tidak bisa maksimal. Kami akan lanjutkan pencarian besok,” kata AKP Suyono Kapolsek Watulimo saat dikonfirmasi.

Tak hanya menyisir sekitar kawasan Teluk Prigi menggunakan perahu karet dan perahu nelayan, upaya pencarian juga dilakukan para nelayan dengan menyebar jaring tarik di sekitar perairan Prigi.

Empat kali jaring tarik yang memiliki panjang lebih dari satu kilometer itu disebar, namun tidak membuahkan hasil.

Sebagai informasi, insiden wisatawan hilang terseret ombak di Pantai Prigi ini terjadi, Minggu pagi sekitar pukul 09.30 WIB.

Kejadian bermula saat Angga Jefri dan tiga rekannya (Faiz, Reno, dan Ridho) bermain air di Pantai Prigi bersama puluhan wisatawan lain, yang pagi itu memadati kawasan wisata Pantai Prigi.

Naas terjadi saat tiba-tiba ombak besar datang menggulung. Banyak wisatawan segera menepi, dan sebagian lainnya tergulung ke arah tepi pantai lalu terseret lagi ke arah laut.

Banyak yang bisa bertahan dan kembali ke tepi, namun tidak demikian halnya dengan Angga dan tiga rekannya yang sempat terbawa cukup jauh ke tengah.

Mengetahui Angga Jefri, Faiz, Reno, dan Ridho terseret arus ke tengah laut dan tak bisa berenang, teman-temannya yang di tepi pantai sontak berteriak minta tolong.

Wisatawan lain ikut histeris sampai petugas SAR gabungan yang bersiaga tak jauh dari lokasi kejadian datang melakukan pertolongan. (ant/bil/iss)

Berita Terkait

Potret NetterSelengkapnya

Kecelakaan Mobil Porsche Seruduk Livina di Tol Porong

Mobil Tertimpa Pohon di Darmo Harapan

Pagi-Pagi Terjebak Macet di Simpang PBI

Surabaya
Jumat, 29 Maret 2024
27o
Kurs