Sabtu, 24 Februari 2024

Pendaftar Jalur SNBP di Unesa Lebih Dari 35 Ribu, Prodi Manajemen Terbanyak

Laporan oleh Dhafintya Noorca
Bagikan
Daftar 10 Prodi dengan pendaftar jalur SNBP 2023 terbanyak. Foto: Unesa

Penerimaan mahasiswa Universitas Negeri Surabaya (Unesa) Jalur Seleksi Nasional Berdasarkan Prestasi (SNBP) 2023, mencapai jumlah 35.117 pendaftar.

Angka tersebut mengalami kenaikan di jalur yang serupa atau SNMPTN tahun lalu yang berjumlah 29.686 pendaftar. Artinya, jumlah pendaftar Unesa mengalami kenaikan sekitar 5.431 tahun ini. 

Dr. Sukarmin, M.Pd. Kepala Sub-Direktorat Penerimaan dan Kelulusan Mahasiswa, mengatakan bahwa tren pendaftaran seleksi mahasiswa baru terus mengalami peningkatan dari tahun ke tahun.

“Ini tidak lepas dari semakin tingginya animo masyarakat atau putra-putri di berbagai daerah untuk mengenyam pendidikan di perguruan tinggi di satu sisi dan kepercayaan masyarakat terhadap Unesa sebagai salah satu perguruan tinggi negeri yang bersaing di sisi lainnya,” ujarnya.

Dalam keterangan resmi Unesa, 10 program studi (Prodi) dengan pendaftar lewat jalur SNBP 2023 terbanyak antara lain jurusan Manajemen 2.196 pendaftar, Psikologi 1.797 pendaftar, Pendidikan Guru Sekolah Dasar (PGSD) 1.700 pendaftar, Akuntansi 1.421 pendaftar, dan Ilmu Komunikasi 1.357 pendaftar.

Lanjut, Ilmu Hukum 1.130 pendaftar, Gizi 1.129 pendaftar, Teknik Informatika 1.112 pendaftar, Bisnis Digital 1.062 pendaftar, dan Psikologi Pendidikan dan Bimbingan sebesar 891 pendaftar.

Menurut Sukarmin, 10 prodi dengan peminat terbanyak tahun ini, juga merupakan prodi yang peminatnya tertinggi tahun lalu di jalur SNMPTN.

“Prodi yang bersaing di daftar teratas ya prodi itu-itu saja, kecuali satu prodi yang tahun ini tidak masuk 10 besar yaitu Ilmu Administrasi Negara geser ke posisi ke-11, sementara BK (Psikologi Pendidikan dan Bimbingan) naik ke daftar 10 besar,” terangnya. 

Dia melanjutkan, dari 76 prodi yang ada di Unesa, terdapat 10 prodi yang sangat berpeluang besar untuk dipilih peserta pada jalur berikutnya (Seleksi Nasional Berdasarkan Tes atau SNBT). 

Prodi yang dimaksud yaitu, Manajemen Olahraga, Kepelatihan Olahraga, Pendidikan Bahasa Jerman, Seni Rupa Murni, dan Seni Musik.

Kemudian 5 lainnya adalah Sastra Jerman, Pendidikan Teknik Bangunan, Fisika, Pendidikan Teknik Elektro, dan  Pendidikan Bahasa Mandarin.(abd/ipg)

Berita Terkait

Potret NetterSelengkapnya

Truk Trailer Mogok, Jembatan Branjangan Macet Total

Kecelakaan Truk Box dan Motor di Sukorejo Pasuruan

Tetap Nyoblos Meski TPSnya Banjir

Bus Tabrak Tiang Listrik di Sukodadi Lamongan

Surabaya
Sabtu, 24 Februari 2024
29o
Kurs