Senin, 20 Mei 2024

Perempuan Berperan Penting Dalam Penyembuhan Kanker Payudara

Laporan oleh Muhammad Syafaruddin
Bagikan
Lenny N. Rosalin Deputi Bidang Kesetaraan Gender Kementerian Pemberdayaan Perempuan dan Perlindungan Anak. Foto: Antara

Lenny N. Rosalin Deputi Bidang Kesetaraan Gender Kementerian Pemberdayaan Perempuan dan Perlindungan Anak (KemenPPPA) menyebut pemberdayaan perempuan menjadi langkah krusial dalam upaya memulihkan kanker payudara.

“Perempuan memainkan peran yang sangat besar dalam masyarakat sebagai kunci kehidupan keluarga, baik sebagai pribadi, istri, dan ibu. Untuk itu, pemberdayaan perempuan menjadi langkah krusial dalam perjuangan melawan kanker payudara menuju kesuksesan pemulihan,” katanya dilansir Antara pada Kamis (24/8/2023).

Ada sejumlah terapi yang bisa diambil oleh pasien kanker payudara sesuai kebutuhan mereka. Mulai dari operasi, terapi radiasi, kemoterapi, terapi hormon, hingga terapi yang ditargetkan.

Menurutnya, risiko kanker payudara semakin meningkat dan terus mengancam kesejahteraan masyarakat Indonesia, terutama bagi perempuan.

Kanker payudara merupakan kanker dengan angka kejadian tertinggi di Indonesia, yaitu sebesar 42,1 per 100.000 penduduk. Sedangkan setiap tahun angka kasus tersebut semakin meningkat.

Lenny berpendapat hal tersebut diakibatkan sejumlah besar masyarakat masih takut untuk memeriksakan diri dan rendahnya kesadaran warga untuk melakukan deteksi dini.

“Padahal, apabila diketahui lebih dini, lebih cepat, pasien bisa mendapatkan penanganan yang lebih optimal sehingga bisa mempertahankan kualitas hidup yang lebih baik,” ujar Lenny. (ant/bnt/saf/ipg)

Berita Terkait

..
Potret NetterSelengkapnya
Surabaya
Senin, 20 Mei 2024
29o
Kurs