Selasa, 21 Mei 2024

Perempuan Donor Darah Indonesia Berupaya Tingkatkan Kesadaran Masyarakat Menolong Sesama

Laporan oleh Farid Kusuma
Bagikan
Nunun Darajatun Ketua Srikandi PDDI (kedua dari kanan) memberikan keterangan di Kompleks Parlemen, Senayan, Jakarta, Rabu (1/2/2023). Foto: Farid suarasurabaya.net

Perempuan Donor Darah Indonesia (PDDI), hari ini, Rabu (1/2/2023), melantik pengurus Srikandi Perempuan Donor Darah Indonesia, di Gedung Nusantara IV, Kompleks Parlemen, Senayan, Jakarta.

Tugas Srikandi PDDI antara lain mengedukasi masyarakat tentang pentingnya donor darah, serta mengajak masyarakat membantu warga lain yang membutuhkan darah.

“Srikandi Perempuan Donor Darah Indonesia adalah mitra atau unit PDDI, dan PDDI adalah mitra PMI dalam rangka mengedukasi dan mengajak masyarakat untuk sama-sama mendonorkan darahnya. Setetes darah berjuta harapan,” ujar Nunun Daradjatun Ketua Srikandi PDDI, di lokasi acara.

Sebelum dilantik, lanjut Nunun, Srikandi PDDI sudah beberapa kali melakukan beberapa kegiatan sosial, salah satunya membantu korban bencana alam di Cianjur, Jawa Barat.

“Kami sebelum pelantikan sudah melakukan kegiatan sosial. Kami semuanya tergerak untuk membantu sesama. Bulan November lalu kami telah menyumbangkan yang diperlukan korban bencana Cianjur walau pun belum dilantik,” ungkapnya.

Di sisi lain, istri dari Adang Daradjatun Anggota Komisi III DPR menyebut ada sejumlah agenda yang bakal digarap Srikandi tahun ini. Pertama, menggelar donor darah pada April 2023 dalam rangka memperingati Hari Kartini.

Kemudian, Srikandi juga akan membuka giat donor darah untuk mengisi hari Kemerdekaan Indonesia pada Agustus 2023. Selanjutnya, Srikandi melakukan donor darah pada Hari Ibu yang diperingati setiap tanggal 22 Desember.

“Kami ingin berbuat sesuatu, dan memperlihatkan kepada anak-anak hal baik apa yang bisa dilakukan. Makanya kami akan menggencarkan donor darah,” katanya.

Sementara itu, Raffi Ahmad artis hiburan yang menghadiri acara pelantikan menyambut baik aksi sosial Srikandi Perempuan Donor Darah Indonesia. Menurutnya, kegiatan itu mengedukasi generasi muda untuk berbuat baik terhadap sesama.

“Ini memang gerakan sosial yang luar biasa dan memang diperlukan anak-anak muda, generasi saya generasi di bawah saya. Jadi, harus benar-benar didukung Srikandi, perempuan-perempuan yang luar biasa yang benar-benar memberikan edukasi. Simpati dan empatinya harus ditumbuhkan ke generasi-generasi mendatang. Setetes darah berarti sekali untuk teman-teman berbagai wilayah di Indonesia,” kata Raffi.

Sekadar informasi, kepengurusan Srikandi Perempuan Donor Darah Indonesia, Nunun Darajatun sebagai Ketua. Lalu, Rieta Amilia Beta sebagai Wakil Ketua.

Vivi Susanti Sekretaris Jenderal, Husniaty Rusdi Wakil Sekretaris Jenderal, Dian Adrianti Kristiono Bendahara Umum, Susanti Tio dan Debbie Robert menjabat Wakil Bendahara Umum.(rid/iss)

Berita Terkait

..
Potret NetterSelengkapnya
Surabaya
Selasa, 21 Mei 2024
26o
Kurs