Jumat, 3 Mei 2024

Perguruan Tinggi Diminta Konsisten Kembangkan Riset

Laporan oleh Muhammad Syafaruddin
Bagikan
Kemendikbudristek minta perguruan tinggi konsisten melakukan riset yang hasilnya berguna bagi masyarakat. Ilustrasi: Business Standard

Kementerian Pendidikan, Kebudayaan, Riset, dan Teknologi (Kemendikbudristek) meminta perguruan tinggi di Indonesia terus konsisten mengembangkan berbagai riset yang hasilnya dapat berguna bagi masyarakat.

“Riset di bidang pertanian, kesehatan, dan lain sebagainya harus terus dijaga dan dipertahankan untuk membantu masyarakat,” kata Nizam Direktur Jenderal Pendidikan Tinggi, Riset, dan Teknologi Kemendikbudristek.

Dilansir Antara pada Sabtu (18/11/2023), Nizam mengatakan keberadaan setiap perguruan tinggi di Indonesia harus bisa bermanfaat bagi masyarakat, salah satunya lewat barang atau hasil riset.

“Dengan kata lain perguruan tinggi harus bisa memajukan bidang teknologi, budaya, sosial, ekonomi, dan aspek lainnya yang dapat menyejahterakan masyarakat,” ujarnya.

Hal tersebut juga sejalan dengan amanat Undang-Undang Nomor 12 Tahun 12 tentang Pendidikan Tinggi yang pada intinya menyatakan peran perguruan tinggi membangun peradaban bangsa.

Permintaan Kemendikbudristek itu disambut Yuliandri Rektor Universitas Andalas (Unand). Ia mengatakan jika kampusnya akan terus konsisten dalam pengembangan riset. (ant/saf/iss)

Berita Terkait

Potret NetterSelengkapnya

Massa Hari Buruh Berkumpul di Frontage Ahmad Yani

Motor Tabrak Pikap di Jalur Mobil Suramadu

Mobil Tertimpa Pohon di Darmo Harapan

Surabaya
Jumat, 3 Mei 2024
28o
Kurs