Rabu, 24 April 2024

Peringati Hari Perempuan Internasional, Aliansi Jala PRT Gelar Aksi Dukung Pengesahan RUU PPRT

Laporan oleh Farid Kusuma
Bagikan
Massa dari Aliansi JALA PRT menggelar unjuk rasa mendukung pengesahan RUU PPRT, Rabu (8/3/2023), di depan Gedung DPR RI, Senayan, Jakarta. Foto: Farid suarasurabaya.net

Puluhan perempuan yang tergabung dalam Jaringan Nasional Advokasi Pekerja Rumah Tangga (JALA PRT), siang hari ini, Rabu (8/3/2023), menggelar aksi unjuk rasa di depan Gedung DPR RI, Senayan, Jakarta.

Demonstrasi yang dilakukan para perempuan kali ini bertepatan dengan peringatan Hari Perempuan Internasional.

Dalam aksinya, mereka menuntut sup.aya DPR RI segera mengesahkan Rancangan Undang-undang Perlindungan Pekerja Rumah Tangga (RUU PPRT) menjadi Undang-undang.

Selain melakukan orasi penyampaian pendapat, peserta aksi juga melakukan senam bersama dengan latar belakang spanduk bergambar foto Puan Maharani Ketua DPR RI.

Sekadar informasi, Hari Perempuan Nasional atau International Women’s Day yang diakui PBB mulai tahun 1975 merupakan simbol perjuangan perempuan dalam mencapai kesetaraan gender dan hak-haknya.

Awalnya, Hari Perempuan Internasional diperingati sebagai hari aksi untuk memperjuangkan hak-hak perempuan seperti hak memilih, hak bekerja, dan hak atas pendidikan.

Sekarang, Hari Perempuan Internasional jadi momentum kampanye berbagai isu yang dihadapi perempuan di seluruh dunia seperti kekerasan seksual, ketimpangan ekonomi, dan diskriminasi gender.

Tahun ini, UN Women salah satu entitas PBB untuk Kesetaraan Jender dan Pemberdayaan Perempuan mengusung tema kesetaraan dalam mengakses teknologi “DigitALL: Innovation and Technology for Gender Equality”.

Latar belakang tema tersebut adalah untuk mempersempit kesenjangan gender terhadap akses teknologi yang masih terjadi pada kaum perempuan.(rid/rst)

Berita Terkait

Potret NetterSelengkapnya

Motor Tabrak Pikap di Jalur Mobil Suramadu

Mobil Tertimpa Pohon di Darmo Harapan

Pagi-Pagi Terjebak Macet di Simpang PBI

Surabaya
Rabu, 24 April 2024
29o
Kurs