Jumat, 1 Maret 2024

PKS Mengutuk Deklarasi Perang Israel Terhadap Perjuangan Pembebasan Rakyat Palestina

Laporan oleh Farid Kusuma
Bagikan
Jazuli Juwaini Ketua Fraksi Partai Keadilan Sejahtera (PKS) DPR RI. Foto: Istimewa

Israel mendeklarasikan situasi perang terhadap perjuangan pembebasan rakyat Palestina, mulai hari Sabtu (7/10/2023). Deklarasi perang itu menambah panjang kebrutalan Israel kepada rakyat Palestina yang berlangsung selama lebih dari setengah abad.

Merespon kondisi tersebut, Jazuli Juwaini Ketua Fraksi PKS DPR RI menyatakan Rakyat dan Negara Republik Indonesia berdiri tegak mendukung perjuangan Bangsa Palestina untuk mewujudkan kemerdekaan dari penjajahan Israel.

“Amanat Konstitusi UUD NRI 1945 menyatakan dengan tagas penjajahan di atas dunia harus dihapuskan dan Indonesia punya hutang sejarah sejak Konferensi Asia Afrika 1955 untuk membebaskan Bangsa Palestina dari penjajahan Israel,” ujar Jazuli di Jakarta, Minggu (8/10/2023).

Perlawanan yang dilakukan para pejuang Palestina adalah upaya melawan dan membela diri atas agresi Israel yang brutal dan keji dan telah berlangsung puluhan tahun dengan korban jiwa rakyat Palestina yang sudah tidak terhitung.

Israel terus mencaplok setiap jengkal tanah Palestina, menodai kesucian Masjidil Aqsa, membunuh anak-anak, ibu-ibu, dan orang-orang tua Palestina, serta menahan ribuan pemuda Palestina.

“Atas realitas keji tersebut, Fraksi PKS dan Bangsa Indonesia mendukung penuh setiap perjuangan dan perlawanan untuk membebaskan tanah Palestina, memerdekakan bangsa Palestina, membebaskan Alquds Assharif dan Masjidil Aqsa yang mulia, serta membebaskan jiwa bangsa Palestina dari pembunuhan massal atau holocaust,” imbuhnya.

Wakil Presiden Forum Parlemen Muslim Dunia (IIFP) itu mengutuk deklarasi perang Israel atas Palestina yang akan memperpanjang kebrutalan Israel dan menghancurkan serta memakan korban Rakyat Palestina lebih banyak lagi.

“Indonesia tegas membela keselamatan Rakyat Palestina yang selama ini sudah hidup dalam tekanan Israel berpuluh tahun. Jika harus menerima agresi militer besar-besaran Israel, tentu akan menjadi tragedi kemanusiaan yang memilukan dunia,” kata Jazuli.

Lebih lanjut, Fraksi PKS meminta organisasi internasional seperti PBB dan OKI serta negara-negara berpengaruh segera mengambil langkah dan tindakan tegas untuk menghentikan agresi penjajah Israel sekaligus melindungi Rakyat Palestina dari kebrutalan Israel.

“Badan-badan PBB seperti Dewan Keamanan harus segera bersidang dan mengambil resolusi yang lebih tegas agar Israel mendapat sanksi yang setimpal atas agresi yang dilakukan. Di sisi lain, Pasukan Keamanan PBB dan badan pengungsi dan hak asasi (UNHCR) harus ditempatkan dan bertanggung jawab penuh untuk melindungi rakyat Palestina,” pungkas Jazuli. (rid/ham)

Berita Terkait

Potret NetterSelengkapnya

Pagi-Pagi Terjebak Macet di Simpang PBI

Kecelakaan Truk Box dan Motor di Sukorejo Pasuruan

Tetap Nyoblos Meski TPSnya Banjir

Surabaya
Jumat, 1 Maret 2024
32o
Kurs