Kamis, 2 Mei 2024

PM China Puas Dengan Kualitas KCJB saat Uji Coba Bersama Luhut

Laporan oleh Billy Patoppoi
Bagikan
Luhut Binsar Pandjaitan Menko Kemaritiman dan Investasi bersama Li Qiang PM China dalam uji coba Kereta Cepat Jakarta-Bandung (KCJB), Rabu (6/9/2023). Foto: Antara

Luhut Binsar Pandjaitan Menteri Koordinator Bidang Kemaritiman dan Investasi (Menko Marves) mengatakan Li Qiang Perdana Menteri China puas dengan kualitas Kereta Cepat Jakarta-Bandung (KCJB), saat melakukan uji coba transportasi massal tersebut.

“Tadi dia sangat puas, dia bilang sama kualitasnya dengan yang di Tiongkok dan kita juga tadi puas,” kata Luhut waktu ditemui seusai penutupan ASEAN-Indo-Pacific Forum (AIPF) 2023, Rabu (6/9/2023), dilansir Antara.

Luhut kemudian menyebut kalau Jokowi Presiden juga dijadwalkan melakukan uji coba sekitar 15 September mendatang, setelah kembali dari agenda G20 di India.

“Presiden akan mencoba nanti mungkin tanggal 15 setelah balik dari G20, untuk mencoba setelah itu baru diresmikan oleh Presiden,” tuturnya.

Luhut juga menjamin kereta cepat Jakarta-Bandung itu sangat aman untuk ditumpangi. “Ya aman lah, ya masak kalau nggak aman kita naikin,” imbuhnya.

Pengalaman uji coba bersama Li Qiang PM itu, diceritakan oleh Luhut melalui unggahan di akun Instagram pribadinya @luhut.pandjaitan.


Menurut Luhut, setelah menunggu 15 tahun sejak direncanakan pada 2008 yang lalu, Indonesia akhirnya akan segera merasakan kehadiran kereta dengan kecepatan 350 kilometer per jam ini.

“Dengan catatan speed tersebut menjadikan KCJB sebagai kereta api cepat pertama di Asia Tenggara. Bahkan menurut data International Union of Railway, hingga tahun 2022 hanya 20 negara saja yang memiliki layanan kereta cepat dan Indonesia akan menjadi salah satunya bagiannya,“ ucapnya.

Untuk mengapresiasi dukungan masyarakat terhadap pembangunan hingga uji coba KCJB ini, pemerintah mengajak warga sekitar trase KCJB maupun masyarakat umum mencoba sensasi dan pengalaman naik kereta cepat tanpa dipungut biaya alias gratis dalam waktu dekat ini.

“Kereta Cepat Jakarta Bandung saat ini sudah hampir menuju uji coba publik pertamanya. Meski banyak keraguan pada masa pembangunannya, namun saya menganggap bahwa proyek kolaborasi ini sebuah pencapaian luar biasa,” ucapnya.

Luhut mengaku merasa bangga bisa menjadi bagian dari pengalaman dan sejarah pembangunan kereta cepat Jakarta-Bandung.

“Berbagai macam pengalaman, proses, dan pembelajaran untuk mewujudkan harapan yang besar, telah ditorehkan oleh bangsa ini. Dan bagi saya pribadi, sebuah kebanggaan dan kehormatan tersendiri karena pernah menjadi bagian dari proses mewujudkannya,” ungkap Luhut. (ant/bnt)

Berita Terkait

Potret NetterSelengkapnya

Massa Hari Buruh Berkumpul di Frontage Ahmad Yani

Motor Tabrak Pikap di Jalur Mobil Suramadu

Mobil Tertimpa Pohon di Darmo Harapan

Surabaya
Kamis, 2 Mei 2024
30o
Kurs