Senin, 17 Juni 2024

PM Kanada Serukan Koridor Kemanusiaan Segera Dibuka ke Gaza

Laporan oleh Muhammad Syafaruddin
Bagikan
Warga Palestina duduk di antara puing-puing bangunan tempat tinggal yang rusak selepas serangan Israel di Kota Gaza pada 10 Oktober 2023. Foto: Reuters

Justin Trudeau Perdana Menteri Kanada meminta koridor kemanusiaan dibuka ke Jalur Gaza. Sebab bantuan mendesak dibutuhkan untuk menangani kondisi gawat di daerah kantong berpenduduk 2,3 juta orang yang terkepung itu.

Israel telah memblokade total Gaza dan menyerang daerah kantong Palestina yang padat itu dengan serangan udara yang belum pernah terjadi sebelumnya.

Melansir dari Antara, otoritas Gaza mengatakan bombardir yang dilakukan Israel menewaskan lebih dari 2.800 orang, sekitar 450 di antaranya merupakan anak-anak, dan melukai 10.000 orang.

Selain serangan udara, Israel mengatakan telah merencanakan penyerbuan darat yang besar ke daerah utara Gaza untuk menghancurkan Hamas, kelompok militan yang didukung Iran serta menguasai daerah pesisir yang direbut dari Mesir oleh Israel pada 1967.

“Kanada menyerukan akses kemanusiaan tanpa hambatan dan koridor kemanusiaan. Agar bantuan penting seperti makanan, bahan bakar dan air bersih, dapat diberikan kepada masyarakat sipil di Gaza. Ini penting untuk dilakukan,” kata Trudeau.

Kanada menyatakan dukungan total atas hak Israel untuk membela diri sesuai dengan hukum internasional. Tetapi bahkan perang punya aturan.

“Terorisme tidak bisa dibela dan tidak ada yang bisa menjustifikasi teror yang dilakukan Hamas. Hamas tidak mewakili baik rakyat Palestina maupun aspirasi resmi mereka,” katanya. (ant/mel/saf/ham)

Berita Terkait

..
Surabaya
Senin, 17 Juni 2024
29o
Kurs