Kamis, 30 November 2023

Pohon Tumbang Timpa Mobil di Jalur Gumitir, Pengemudi Meninggal Dunia

Laporan oleh Billy Patoppoi
Bagikan
Pohon tumbang mengenai sebuah mobil Izuzu Panther di jalur Gunung Gumitir, Jember, Jawa Timur, Sabtu (13/5/2023). Foto: Khoirudin via WA SS

Seorang pengemudi mobil Izuzu Panther dilaporkan meninggal, usai kendaraan yang ditumpanginya bersama keluarga tertimpa pohon besar saat melintasi Gunung Gumitir, Jember, Jawa Timur, Sabtu (13/5/2023).

Iptu Edy Purwanto Kanit Gakum Polres Jember mengatakan, ada enam penumpang termasuk pengemudi dalam kendaraan bernopol P 1580 GD tersebut. Selain korban meninggal, ada satu penumpang lain dikabarkan mengalami luka-luka.

“Korban meninggal di tempat inisial EK (43 tahun) selaku sopir, satu orang lain luka-luka, dan empat lainnya selamat (tidak mengalami luka). Saat ini jenazah sopir sudah dilarikan ke rumah duka beserta seluruh keluarganya/penumpang yang selamat,” kata Iptu Edy saat mengudara di Radio Suara Surabaya, Sabtu siang.

Dia menjelaskan saat kejadian pukul 07.40 WIB, cuaca di sekitar lokasi tidak dalam kondisi hujan, namun angin sangat kencang. Saat itu, mobil yang dikendarai EK sedang melaju dari Timur (Banyuwangi) mengarah ke Jember.

Saat tiba di lokasi, angin yang sangat kencang membuat dahan pohon tersebut jatuh menimpa mobil tersebut.

“Pohon tidak dalam kondisi lapuk, dan tidak tumbang seluruhnya. Tapi karena angin sangat kencang, membuat (dahan besar) pohon jatuh dan menimpai mobil yang melintas tersebut,” terangnya.

Imbas kejadian tersebut, arus lalu lintas sempat macet dua arah kurang lebih 45 menit. Dalam proses evakuasi, petugas Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) dibantu warga setempat.

Iptu Edy juga mengimbau para pengendara agar tetap waspada saat melintasi jalur di Gunung Gumintir, mengingat jadi salah satu wilayah rawan bencana.

Dia mengungkapkan kalau pihaknya tidak bisa asal melakukan perampingan pohon di sana, karena kawasan tersebut termasuk hutan dilindungi lindung.

“Ini juga jalur nasional penghubung Jember-Banyuwangi. Tetap waspada kalau lewat sana, di sana mengingat rawan bencana seperti longsor maupun pohon tumbang tadi,” pungkasnya. (bil/ipg)

Berita Terkait

Potret NetterSelengkapnya

Bunga Tabebuya Bermekaran di Jalan Ahmad Yani Surabaya

Kemacetan Total di Raya Sukomulyo Gresik

Sungai Kalisari Damen Full Eceng Gondok

Surabaya
Kamis, 30 November 2023
29o
Kurs