Kamis, 22 Februari 2024

Polda Jatim Siagakan 17 Ribuan Personel dan 276 Pos Kawal Momen Mudik Lebaran

Laporan oleh Dhafintya Noorca
Bagikan
Kombes Pol Muhammad Taslim Dirlantas Polda Jatim saat berada di Radio Suara Surabaya, Sabtu (15/4/2023). Foto: Dukut suarasurabaya.net

Sebanyak 17 ribu lebih personel telah disiapkan Polda Jatim  untuk menjaga dan mengamankan masyarakat yang bermudik selama masa libur Lebaran 2023.

Kombes pol muhammad taslim chairudin Dirlantas Polda Jatim menyampaikan, belasan ribu personel itu tergabung dari anggota TNI-Polri serta Dishub dan akan bersiaga mulai dari 18 April besok hingga 1 Mei 2023.

“Nanti kita cover dengan kurang lebih sekitar 276 pos, terdiri dari 216 pos pengamanan, 44 pos pelayanan, dan 16 pos terpadu,” Jelas Kombes pol Taslim ketika memberikan keterangan pada suarasurabaya.net, Sabtu (15/4/2023).

Dia menjelaskan belasan ribu personel tersebut akan bersiaga di beberapa titik mulai dari jalan tol hingga jalan arteri. khusus tahun ini, lanjutnya, masing-masing jajaran diminta untuk membentuk tim urai yang hanya berfokus pada penyelesaian masalah lalu lintas.

“Tugas dia hanya fokus mendatangi satu titik ketika ada trouble, baik itu kemacetan, kesemrawutan, kepadatan arus, termasuk kecelakaan,” imbuhnya.

Bukan hanya itu, Taslim menyebut bahwa pihaknya juga akan bekerjasama dengan Jasa Marga untuk menyiapkan antisipasi berupa speed trap (garis kejut).

“Nanti pengendara yang memacu kendaraannya dengan kecepatan tinggi, ketika melewati speed trap akan diingatkan. Secara psikologi akan diingatkan apalagi kalau ngantuk-ngantuk,” jelasnya.

Dirlantas Polda Jatim itu juga telah meminta pihak Jasa Marga untuk memasang running text sebagai pengingat para pengguna jalan tol.

“Kami minta pada teman-teman Jasa Marga untuk selalu mengingatkan bahwa tujuan orang mudik itu kan untuk ketemu keluarga, jangan sampai nanti karena euforia jadi buru-buru dan malah ga ketemu keluarga,” tuturnya.

Strategi berikutnya, imbuhnya, ialah menurunkan petugas ke jalan untuk mengawasi para pengendara agar berhati-hati saat berkendara. “Meskipun harapan kita masyarakat itu jangan takut dengan keberadaan petugas, tapi takutlah dengan aturan,” tandasnya. (abd/bil)

Berita Terkait

Potret NetterSelengkapnya

Truk Trailer Mogok, Jembatan Branjangan Macet Total

Kecelakaan Truk Box dan Motor di Sukorejo Pasuruan

Tetap Nyoblos Meski TPSnya Banjir

Bus Tabrak Tiang Listrik di Sukodadi Lamongan

Surabaya
Kamis, 22 Februari 2024
31o
Kurs