Kamis, 2 Mei 2024

Polri dan TNI Bantu Masyarakat Perbaiki Sekolah Rusak di Jember

Laporan oleh Ika Suryani Syarief
Bagikan
TNI-Polri membantu warga membersihkan reruntuhan atap ruang kelas yang rusak karena akan dilakukan perbaikan secara swadaya di SDN Pakis 2, Kecamatan Panti, Jumat (30/6/2023). Foto: Antara

Aparat Kepolisian Resor Jember dan anggota TNI bersama masyarakat melakukan bakti sosial membantu perbaikan ruangan kelas sekolah dasar negeri (SDN) Pakis 2 yang kondisinya rusak parak, sehingga tidak bisa digunakan untuk kegiatan belajar mengajar (KBM).

AKBP M. Nur Hidayat Kapolres Jember memantau langsung bakti sosial yang dilakukan anggota TNI-Polri bersama masyarakat untuk memperbaiki ruangan kelas yang rusak di SDN Pakis 2 di Kecamatan Panti, Kabupaten Jember, Jumat (30/6/2023).

“Dalam rangka HUT ke-77 Bhayangkara, kami gotong royong untuk membantu perbaikan fasilitas pendidikan yang kurang bagus dan kegiatan itu merupakan swadaya masyarakat,” katanya di Jember, seperti dilansir Antara.

Ia berharap perbaikan ruangan kelas yang rusak tersebut dapat meningkatkan jumlah siswa yang belajar di SDN Pakis 2 sesuai pagu yang ditentukan dan para siswa menempati ruangan kelasnya masing-masing, sehingga tidak perlu ke ruangan darurat dan bergabung dengan kelas lain.

Kerusakan dua ruangan kelas itu menyebabkan banyak warga yang enggan menyekolahkan anaknya ke SDN Pakis 2 karena khawatir dengan kondisi bangunan yang nyaris ambruk itu.

Sementara Taufik Hidayat Kepala SDN Pakis 2 mengatakan dua ruangan kelas yang rusak itu sudah berjalan lima tahun lebih dan sudah berkali-kali mengajukan permohonan perbaikan kelas kepada Dinas Pendidikan Jember.

“Jumlah siswa kami sedikit karena sesuai aturan pemerintah, apabila jumlah siswa dibawah 60 anak, maka perbaikan ruangan kelas harus menunggu dana alokasi khusus (DAK) pemerintah pusat,” katanya.

Pihak sekolah, lanjut dia, tidak bisa berbuat banyak untuk melakukan perbaikan ruangan kelas dengan dana swadaya, sehingga harus menunggu dengan sabar DAK pemerintah pusat.

“Alhamdulillah hari ini ada perbaikan ruangan kelas di SDN Pakis 2 melalui bakti sosial TNI-Polri bersama masyarakat. Saya optimistis tahun ajaran baru nanti banyak siswa yang mendaftar di sekolah ini,” ujarnya.(ant/iss)

Berita Terkait

Potret NetterSelengkapnya

Massa Hari Buruh Berkumpul di Frontage Ahmad Yani

Motor Tabrak Pikap di Jalur Mobil Suramadu

Mobil Tertimpa Pohon di Darmo Harapan

Surabaya
Kamis, 2 Mei 2024
29o
Kurs