Kamis, 2 Mei 2024

Potensi Hujan Lebat Disertai Petir dan Angin Kencang di Wilayah Jawa Timur

Laporan oleh Billy Patoppoi
Bagikan
Ilustrasi, cuaca hujan lebat diserta petir dan angin. Foto: Grafis suarasurabaya.net

Badan Meteorologi, Klimatologi dan Geofisika (BMKG) Juanda Surabaya, Jawa Timur, menginformasikan terkait prakiraan cuaca Jumat (3/2/2023) untuk wilayah Jawa Timur.

Untuk pagi hingga malam hari, diprakirakan cerah berawan, hujan ringan – sedang, dan hujan lebat disertai petir. Sedangkan untuk dini hari, diprakirakan cerah berawan, berkabut, dan hujan ringan – sedang.

Suhu udara berkisar di 15 – 32 derajat celcius, kelembapan udara berada di 65 – 100 derajat Celcius, dan untuk angin didominasi oleh angin dari barat – barat daya dengan kecepatan 5 – 30 km/jam.

Peringatan dini juga telah disampaikan oleh BMKG Juanda Surabaya, untuk mewaspadai hujan dengan intensitas sedang – lebat disertai petir dan angin kencang. Pagi hari, diprakirakan berada di wilayah Kabupaten Mojokerto, Bojonegoro, Kabupaten Kediri, Batu, Kabupaten Probolinggo, dan Bondowoso.

Siang – sore, diprakirakan berada di wilayah Surabaya, Sidoarjo, Kabupaten Mojokerto, Lamongan, Tuban, Bojonegoro, Jombang, Nganjuk, Ponorogo, Tulungagung, Kabupaten dan Kota Kediri, Kabupaten dan Kota Malang, Batu, Kabupaten Pasuruan, Kabupaten Probolinggo, Lumajang, Jember, Bondowoso, Situbondo, Banyuwangi, Bangkalan, Pamekasan, Sampang, dan Sumenep.

Untuk malam hari, berada di wilayah Lamongan, Bojonegoro, Kabupaten Madiun, Magetan, Kota Kediri, dan Kabupaten Pasuruan.

Sementara itu, BMKG Tanjung Perak, Surabaya, juga menginformasikan mengenai prakiraan cuaca wilayah perairan Jawa Timur untuk Jumat (3/2/2023).

Diprakirakan untuk cuaca, berpotensi hujan dengan intensitas ringan hingga sedang dapat terjadi di seluruh wilayah perairan Jatim.

Sedangkan untuk angin, didominasi angin dari barat – barat laut, dengan kecepatan angin maksimum di Laut Jawa bagian timur 24 knots (44 km/jam) dan Samudra Hindia Selatan Jatim 38 knots (70 km/jam).

Ketinggian gelombang laut di Selat Madura antara 0.2 – 1.5 meter, Laut Jawa bagian timur antara 0.5 – 2.3 meter dan Samudra Hindia selatan Jatim antara 2.0 – 6.0 meter.

Peringatan untuk mewaspadai tinggi gelombang lebih dari 2.5 meter di Samudra Hindia Selatan Jatim.(abd/ipg)

Berita Terkait

Potret NetterSelengkapnya

Massa Hari Buruh Berkumpul di Frontage Ahmad Yani

Motor Tabrak Pikap di Jalur Mobil Suramadu

Mobil Tertimpa Pohon di Darmo Harapan

Kurs
Exit mobile version