Senin, 29 April 2024

PP Aisyiyah Imbau Pemakaian Daun dan Besek untuk Bungkus Daging Kurban

Laporan oleh Billy Patoppoi
Bagikan
Siswa SMP Al-Azhar Surabaya memanfaatkan daun jati yang tumbuh subur di pekarangan sekolah untuk mengemas daging kurban, Senin (11/7/2022). Foto : Manda Roosa suarasurabaya.net

Lembaga Lingkungan Hidup dan Penanggulangan Bencana (LLHPB) Pimpinan Pusat (PP) Aisyiyah menyerukan kepada warga Muhammadiyah untuk merayakan Iduladha 1444 Hijriah yang ramah lingkungan atau Green Iduladha.

“Tujuan Green Iduladha supaya masyarakat terbiasa mengurangi penggunaan plastik dan beralih menggunakan bahan atau peralatan yang tidak sekali pakai. Sehingga, tidak terjadi penumpukan sampah anorganik,” ujar Surria Dwiwahyu Koordinator Divisi Lingkungan Hidup LLHPB Aisyiyah dilansir Antara, Rabu (21/6/2023).

PP Aisyiyah menyarankan masyarakat untuk mengganti kantong plastik pembungkus daging kurban dengan dedaunan, besek anyaman bambu, lontar, dan lain sebagainya.

“Dengan begitu, kami harap dapat muncul kebiasaan dan perubahan perilaku hidup sehat pada masyarakat,” katanya.

Selain itu, PP Aisyiyah menyerukan kepada pengurus masjid, majelis taklim, mau pun jaringan yang melaksanakan Salat Iduladha 1444 Hijriah untuk menyuarakan pesan ramah lingkungan di dalam khotbah atau tausiyahnya

Sebelumnya, Abdul Mu’ti Sekretaris Umum PP Muhammadiyah berterima kasih kepada Joko Widodo Presiden karena telah memenuhi aspirasi Muhammadiyah terkait penambahan libur Iduladha.

“Itu menjadi bukti pemerintah menunjukkan komitmen kuat terhadap prinsip-prinsip konstitusi,” katanya.(ant/dvn/saf/rid)

Berita Terkait

Potret NetterSelengkapnya

Motor Tabrak Pikap di Jalur Mobil Suramadu

Mobil Tertimpa Pohon di Darmo Harapan

Pagi-Pagi Terjebak Macet di Simpang PBI

Surabaya
Senin, 29 April 2024
29o
Kurs