Kamis, 2 Mei 2024

PPIH Akomodir Pembayaran Dam Petugas Haji

Laporan oleh Billy Patoppoi
Bagikan
Jemaah haji Indonesia di tempat penyembelihan kambing untuk membayar dam di Mekkah, Arab Saudi, Selasa (6/6/2023). Foto: Bintang Suara Surabaya

Khalilurrahman Kepala PPIH Arab Saudi Daker Mekkah meninjau lokasi rumah potong hewan (RPH) Al Ukaisyah yang akan digunakan untuk penyembelihan kambing dalam rangka pembayaran dam bagi petugas haji.

Khalil mengatakan PPIH Arab Saudi pada tahun ini akan mengakomodir pembayaran dam bagi petugas haji PPIH Arab Saudi dan kloter, sesuai dengan surat edaran dari Dirjen PHU Kemenag.

“Kita ambil kambing yang terbaik jenisnya adalah barbari harga 650 Riyal, kita nego jadi 600 Riyal,” kata Khalil saat meninjau RPH di Makkah, Rabu (14/6/2023) dilansir Antara.

Khalil menambahkan harga 600 Riyal sesuai dengan surat edaran itu sudah termasuk harga kambing, jasa pemotongan, pengulitan, pembersihan, pendinginan, pengepakan dan pendistribusian di kawasan Makkah.

Selain meninjau RPH, Khalil bersama sejumlah petugas dari Daker Mekah juga melakukan penyembelihan hewan kambing sebelum dimulainya program bagi petugas PPIH Arab Saudi dan Kloter secara keseluruhan.

Dalam kunjungannya, Khalil memilih kambing yang akan disembelih diantara ribuan kambing yang asa di kandang, dilanjutkan dengan pembayaran di loket. Selanjutnya dia dibantu petugas RPH menyembelih sendiri kambing yang digunakan untuk pembayaran dam itu.

Khalil juga menyaksikan secara langsung proses pengulitan, pembersihan daging hingga ruang pendingin yang akan digunakan. Pemilihan Al Ukaisyah sebagai RPH, untuk pembayaran dam menurut Khalil karena mempunyai kesamaan visi dengan PPIH Arab Saudi.

“Saat memilih RPH kita pastikan mempunyai visi yang sama dengan kita yakni amanah, transparan dan akuntabel,” kata Khalil.

Selain itu RPH tersebut dapat menampung 1,5 juta kambing pada musim haji dengan jumlah total pekerja dan juru sembelih mencapai empat ribu orang.

Khalil mengatakan melalui pengorganisasian pembayaran dam, ke depannya akan mengirim daging kambing untuk fuqara dan masakin di Tanah Air.

Menurut Khalil Ibadah haji tidak hanya memberikan manfaat spiritual namun juga nilai manfaat secara sosial kepada masyarakat Indonesia yang membutuhkan, selain itu juga untuk menyukseskan program pengentasan kemiskinan. (ant/bil/ipg)

Berita Terkait

Potret NetterSelengkapnya

Massa Hari Buruh Berkumpul di Frontage Ahmad Yani

Motor Tabrak Pikap di Jalur Mobil Suramadu

Mobil Tertimpa Pohon di Darmo Harapan

Surabaya
Kamis, 2 Mei 2024
27o
Kurs