Kamis, 2 Mei 2024

Prabowo Resmikan 12 Titik Sumber Air Bersih di Pamekasan

Laporan oleh Farid Kusuma
Bagikan
Prabowo Subianto Menhan RI beemain air baren anak anak di Pamekasan, Jawa Timur, Minggu (26/11/2023). Foto: istimewa

Prabowo Subianto Menteri Pertahanan RI, hari ini, Minggu (26/11/2023), meresmikan secara simbolis 12 titik air yang berlokasi di lima kecamatan daerah Pamekasan, Madura, Jawa Timur.

Rinciannya, 3 titik di Kecamatan Pegantenan, 2 titik di Kecamatan Palengaan, 4 titik di Kecamatan Batumarmar, 2 titik di Kecamatan Waru, dan 1 titik di Kecamatan Pasean.

Dalam sambutannya, Prabowo mengungkapkan rasa syukur dan terima kasih atas kerja keras semua pihak yang mampu membantu masyarakat, khususnya warga Pamekasan yang selama ini mengalami krisis air bersih.

“Hari ini saya berbahagia dan bersyukur dapat hadir di Kabupaten Pamekasan menyerahkan secara resmi bantuan ini. Kita berbahagia hari ini, kita bisa melihat hasil kerja keras dari banyak unsur. Untuk itu, saya ucapkan banyak terima kasih kepada Rektor Unhan, Dekan Fakultas Science dan Teknologi Pertahanan, para insinyur, ahli teknik, kalian yang telah bekerja keras. Sehingga, hari ini kita lihat di 12 titik, air sudah mengalir, sudah dimanfaatkan,” ujarnya.

Bantuan itu, sambung Prabowo, nantinya bisa dimanfaatkan sekitar 10 ribu warga Pamekasan.

“Tadi saya dapat laporan, kalau dihitung kurang lebih bantuan ini akan dirasakan manfaatnya oleh hampir 10 ribu warga Pamekasan, mereka sudah tidak mengalami kesulitan air,” jelasnya.

Prabowo pun menegaskan, pihaknya akan terus berupaya untuk memperluas jangkauan bantuan titik sumber air bersih ini ke wilayah-wilayah lainnya yang krisis air.

Sejak tahun 2022, Prabowo menginstruksikan Universitas Pertahanan (Unhan) RI untuk membentuk satuan tugas (Satgas) air bersih untuk memetakan wilayah yang sering mengalami kekeringan.

Satgas air bersih itu kemudian membuat sumur bor beserta sarana dan prasarana lainnya yang dapat mempermudah masyarakat untuk mendapat akses air bersih. (rid/ham)

Berita Terkait

Potret NetterSelengkapnya

Massa Hari Buruh Berkumpul di Frontage Ahmad Yani

Motor Tabrak Pikap di Jalur Mobil Suramadu

Mobil Tertimpa Pohon di Darmo Harapan

Surabaya
Kamis, 2 Mei 2024
31o
Kurs