Selasa, 27 Februari 2024

Presiden Lantik Maruli Simanjuntak sebagai KSAD

Laporan oleh Farid Kusuma
Bagikan
Joko Widodo Presiden memasang tanda pangkat Jenderal TNI di pundak Maruli Simanjuntak yang pada Rabu (29/11/2023) dilantik sebagai KSAD di Istana Negara, Jakarta. Foto: Farid suarasurabaya.net Joko Widodo Presiden memasang tanda pangkat Jenderal TNI di pundak Maruli Simanjuntak yang pada Rabu (29/11/2023) dilantik sebagai KSAD di Istana Negara, Jakarta. Foto: Farid suarasurabaya.net

Joko Widodo Presiden pada Rabu (29/11/2023) siang, melantik Letnan Jenderal TNI Maruli Simanjuntak sebagai Kepala Staf TNI Angkatan Darat (KSAD) menggantikan Jenderal TNI Agus Subiyanto yang pekan lalu promosi menjadi Panglima TNI.

Upacara pelantikan dimulai pukul 14.00 WIB, di Istana Negara, Jakarta.

Pengucapan janji jabatan yang dipandu Jokowi Presiden berlangsung khidmat.

“Demi Tuhan yang Maha Esa, saya menyatakan dan berjanji dengan sungguh-sungguh bahwa saya akan setia kepada NKRI yang berdasarkan Pancasila dan UUD Negara Republik Indonesia 1945, serta akan menjalankan segala peraturan perundang-undangan dengan selurus-lurusnya, demi darma bakti saya kepada bangsa dan negara. Bahwa saya dalam menjalankan tugas jabatan akan menjunjung tinggi etika jabatan, bekerja dengan sebaik-baiknya dan dengan penuh rasa tanggung jawab. Bahwa saya akan menjunjung tinggi Sumpah Prajurit. Kiranya Tuhan menolong saya,” ucapnya.

Dengan jabatan barunya, Maruli mendapat tambahan bintang di pundaknya dari bintang tiga menjadi bintang empat alias Jenderal.

Dalam prosesi pelantikan itu, hadir sejumlah pejabat negara, di antaranya Kapolri, Panglima TNI, Jaksa Agung, Pimpinan DPR RI, DPD RI, dan MPR RI.

Kemudian, ada Mahfud MD Menko Polhukam, Prabowo Subianto Menteri Pertahanan, dan Luhut Binsar Pandjaitan Menko Kemaritiman dan Investasi yang juga bapak mertuanya.

Sekadar informasi, Maruli Simanjuntak lahir di Bandung, 27 Februari 1970. Usianya sekarang 53 tahun.

Jenderal TNI lulusan Akademi Militer tahun 1992 itu sebelumnya pernah mengemban sejumlah tugas penting.

Antara lain, Komandan Pasukan Pengamanan Presiden (Paspampres), Pangdam IX/Udayana, dan Panglima Komando Cadangan Strategis TNI Angkatan Darat.(rid/ipg)

Berita Terkait

Potret NetterSelengkapnya

Truk Trailer Mogok, Jembatan Branjangan Macet Total

Kecelakaan Truk Box dan Motor di Sukorejo Pasuruan

Tetap Nyoblos Meski TPSnya Banjir

Bus Tabrak Tiang Listrik di Sukodadi Lamongan

Surabaya
Selasa, 27 Februari 2024
25o
Kurs