Jumat, 29 Maret 2024

Presiden Lebaran di Solo, Wakil Presiden dan Sejumlah Menteri Salat Idulfitri di Masjid Istiqlal

Laporan oleh Farid Kusuma
Bagikan
Jokowi Presiden usai menjalankan salat Id di Masjid Sheikh Zayed Solo, Sabtu (22/4/2023). Foto: Antara

Pemerintah melalui Kementerian Agama (Kemenag) menetapkan tanggal 1 Syawal 1444 Hijriah atau Idulfitri 2023, hari ini, Sabtu (22/4/2023).

Keputusan itu berdasarkan hasil Sidang Isbat yang berlangsung hari Kamis (20/4/2023), di Kantor Kemenag, Jakarta Selatan.

Hari ini, Ma’ruf Amin Wakil Presiden akan melaksanakan Salat Idulfitri di Masjid Istiqlal, Jakarta Pusat.

Nasaruddin Umar Imam Besar Masjid Istiqlal mengatakan, selain Wakil Presiden, ada sejumlah Menteri dan Wakil Menteri Kabinet Indonesia Maju yang akan Salat Id di Istiqlal.

Antara lain, Arifin Tasrif Menteri Energi dan Sumber Daya Mineral, Zainut Tauhid Saadi Wakil Menteri Agama, dan Edward Omar Syarif Hiariej Wakil Menteri Hukum dan Hak Asasi Manusia.

Ma’ruf Amin Wakil Presiden melaksanakan shalat Idul Fitri 1444 Hijriah di Masjid Istiqlal pada Sabtu (22/3/2024). Foto: Antara

Sementara, Joko Widodo Presiden berlebaran di Kota Surakarta, Jawa Tengah. Rencananya, Kepala Negara bersama Ibu Negara dan keluarga Salat Idulfitri di Masjid Raya Sheikh Zayed.

Lewat rekaman video, Presiden menyampaikan pesan Idulfitri kepada seluruh masyarakat.

Jokowi bersyukur karena wabah Covid-19 sudah terkendali. Sehingga, masyarakat bisa mudik lebaran tanpa ada pembatasan kegiatan sosial dan ekonomi.

“Tahun ini adalah mudik pertama tanpa PPKM setelah tiga tahun kita berada dalam suasana pandemi, tentunya pergerakan masyarakat akan jauh meningkat, lebih padat dan lebih ramai,” ujarnya.

Seperti diketahui, tahun ini pertama kalinya masyarakat Indonesia bisa menjalani Ramadan dan Idulfitri tanpa pemberlakuan pembatasan kegiatan masyarakat (PPKM).

Sebelumnya, Pemerintah menerapkan pembatasan kegiatan masyarakat untuk mengendalikan penyebaran Covid-19 dari tahun 2020 sampai akhir tahun 2022.

Sekarang, masyarakat boleh melaksanakan mudik lebaran dengan tetap menerapkan protokol kesehatan, untuk mengantisipasi lonjakan kasus infeksi Virus Corona.

Berdasarkan hasil survei Badan Penelitian dan Pengembangan Kementerian Perhubungan, jumlah pemudik Lebaran Idulfitri tahun ini bisa mencapai 123 juta orang.

Pergerakan masyarakat bakal didominasi dari Pulau Jawa, sebanyak 77,3 juta orang atau 62,5 persen dari total pergerakan pemudik Lebaran 2023.

Diprediksi sebanyak 22 persen pemudik tahun ini menggunakan kendaraan mobil pribadi, dan 20 persen naik sepeda motor. Selebihnya memanfaatkan transportasi massal seperti bus, kereta api, pesawat udara dan kapal laut.(rid/iss)

Berita Terkait

Potret NetterSelengkapnya

Kecelakaan Mobil Porsche Seruduk Livina di Tol Porong

Mobil Tertimpa Pohon di Darmo Harapan

Pagi-Pagi Terjebak Macet di Simpang PBI

Surabaya
Jumat, 29 Maret 2024
31o
Kurs