Kamis, 2 Mei 2024

Presiden RI Dorong Penguatan Kerja Sama Parlemen ASEAN untuk Menjaga Stabilitas Kawasan

Laporan oleh Farid Kusuma
Bagikan
Jokowi Presiden RI membuka Sidang Umum ke-44 AIPA, di Hotel Fairmont Jakarta, Senin (7/8/2023). Foto: Biro Pers Setpres

Joko Widodo Presiden pada Senin (7/8/2023), resmi membuka Sidang Umum ASEAN Interparlementary Assembly (AIPA) ke-44, yang berlangsung di Hotel Fairmont, Jakarta.

Dalam sesi pidatonya, Presiden RI mengatakan kepentingan rakyat ASEAN harus terus diperjuangkan. Sampai sekarang, ASEAN tercatat sudah 56 tahun berkontribusi besar menjaga perdamaian dan stabilitas di kawasan.

Walau begitu, Jokowi mengingatkan jangan sampai ASEAN lengah apalagi terlena. Karena, perdamaian dan stabilitas kawasan harus diupayakan bahkan diperjuangkan bersama.

Ke depan, ASEAN harus memperkuat kerja sama, serta saling percaya untuk menjadi lokomotif penjaga perdamaian dan stabilitas di kawasan.

Lebih lanjut, Jokowi Presiden bilang, Indonesia selaku ketua ASEAN berupaya menjadikan kawasan Asia Tenggara sebagai pusat pertumbuhan ekonomi dunia.

Maka dari itu, integrasi ekonomi ASEAN harus diperkuat, hambatan perdagangan harus dihilangkan, lalu kerja sama ekonomi yang setara dan saling menguntungkan harus ditingkatkan.

“Sikap saling percaya dan soliditas ASEAN sangat penting. Soliditas antarpemerintah anggota ASEAN, antarparlemen anggota ASEAN, dan dengan pemangku kepentingan lainnya. Jika ASEAN solid, maka ASEAN dapat memainkan peran sentralnya dan dapat terus relevan. Kita harus sama-sama memperjuangkan kesejahteraan masyarakat kita. Kesejahteraan yang berkeadilan, dan kita bersykur pertumbuhan ekonomi ASEAN tetap stabil. ASEAN dianggap sebagai salah satu driver pertumbuhan ekonomi dunia,” ujarnya.

Sekadar informasi, Sidang Umum AIPA ke-44 digelar di Jakarta mulai tanggal 5 sampai 11 Agustus 2023.

Total peserta yang hadir sebanyak 568 delegasi, antara lain 9 ketua parlemen negara-negara ASEAN di luar Indonesia, perwakilan 17 negara pemantau dan tamu, serta perwakilan dari 9 organisasi internasional.

Dalam sidang AIPA ke-44, DPR RI yang memegang keketuaan forum parlemen Asia Tenggara, mengusung tema Parlemen Responsif untuk Stabilitas dan Kemakmuran ASEAN.

Mengacu ke tema itu, Parlemen Indonesia mengajak parlemen negara-negara ASEAN bersama-sama menciptakan perdamaian dan kesejahteraan.(rid/ipg)

Berita Terkait

Potret NetterSelengkapnya

Massa Hari Buruh Berkumpul di Frontage Ahmad Yani

Motor Tabrak Pikap di Jalur Mobil Suramadu

Mobil Tertimpa Pohon di Darmo Harapan

Surabaya
Kamis, 2 Mei 2024
26o
Kurs