Minggu, 5 Mei 2024

Presiden Tekankan Pentingnya Peran Guru Sebagai Sosok Penentu Peradaban Bangsa

Laporan oleh Billy Patoppoi
Bagikan
Joko Widodo Presiden Republik Indonesia. Foto: Biro Pers/ Setpres

Joko Widodo (Jokowi) Presiden RI turut memberi ucapan selamat Hari Guru, dalam momen Hari Guru Nasional 2023 yang diperingati hari ini, Sabtu 25 November 2023.

Dalam unggahan di instagram pribadinya @jokowi, Kepala Negara menekankan sosok guru bukan lagi sekadar seorang yang digugu dan ditiru, yang menjadi suri teladan anak-anak didik.

“Guru bukan lagi sekadar seorang yang digugu dan ditiru, yang menjadi suri teladan anak-anak didik, melainkan tokoh yang menentukan laju peradaban bangsa. Mereka menjadi jembatan anak-anak masa kini untuk melangkah ke masa depan,” tulis Presiden, Sabtu (25/11/2023).

 

View this post on Instagram

 

A post shared by Joko Widodo (@jokowi)


Menurutnya, guru selalu menjadi pembimbing di setiap generasi melangkah ke masa depan. Untuk itu, orang nomor satu RI itu menekankan, sampai kapanpun guru mempunyai peran besar dalam pembangunan bangsa.

“Di pundak mereka tersampir harapan orang tua, masyarakat, dan bangsa besar ini. Selamat Hari Guru Nasional,” ucap Jokowi.

Sebagai informasi, Tema Hari Guru Nasional (HGN) 2023 adalah “Bergerak Bersama Rayakan Merdeka Belajar”.

Tema ini ditetapkan oleh Kementerian Pendidikan, Kebudayaan, Riset dan Teknologi Republik Indonesia (Kemendikbudristek) dalam Surat Menteri nomor 36927/MPK.A/TU.02.03/2023.

Tema ini memiliki makna bahwa seluruh lapisan masyarakat dan guru harus kompak untuk merayakan kemerdekaan murid-murid untuk belajar. (bil/faz)

Berita Terkait

..
Potret NetterSelengkapnya

Massa Hari Buruh Berkumpul di Frontage Ahmad Yani

Motor Tabrak Pikap di Jalur Mobil Suramadu

Mobil Tertimpa Pohon di Darmo Harapan

Surabaya
Minggu, 5 Mei 2024
27o
Kurs