Rabu, 29 Mei 2024

Puluhan Rumah di Plumpang Jakarta Utara Hancur Akibat Kebakaran Depo Pertamina

Laporan oleh Farid Kusuma
Bagikan
Puluhan rumah di belakang Depo Pertamina Plumpang, Jakarta Utara, Sabtu (4/3/2023), ludes terbakar. Foto: Farid suarasurabaya.net

Kebakaran besar yang terjadi di kawasan Depo Pertamina Plumpang, Jakarta Utara, Jumat (3/3/2023) malam, mengakibatkan puluhan rumah si sekitar depo bahan bakar minyak hancur.

Pantauan suarasurabaya.net pada Sabtu (4/3/2023) di lokasi, Jalan Tanah Merah Bawah, RT 012 RW 09, Kelurahan Rawa Badak Selatan, Kecamatan Koja, banyak bangunan yang sudah tidak berbentuk akibat ledakan dan gosong terbakar.

Asap sisa kebakaran masih terlihat di beberapa titik.

Selain itu, banyak kendaraan baik roda dua mau pun roda empat yang hangus hingga menyisakan kerangka.

Pagi ini, warga yang tinggal di sekitar lokasi kejadian banyak yang mencari sisa barang yang mungkin masih bisa diselamatkan.

Tim dari Basarnas, TNI dan Polri juga masih melakukan upaya pencarian dan penyelamatan.

Karena terlalu ramai warga yang cuma ingin melihat tempat kejadian, aparat kepolisian melakukan sterilisasi lokasi kebakaran.

Seperti diketahui, kebakaran diduga terjadi setelah pipa bahan bakar minyak di kawasan Depo Pertamina Plumpang meledak, pukul 20.11 WIB, kemarin malam.

Terminal Bahan Bakar Minyak Plumpang merupakan depo strategis milik Pertamina yang menyuplai sekitar 20 persen kebutuhan BBM harian di Indonesia, atau sekitar 25 persen dari total kebutuhan SPBU Pertamina.

Puluhan unit mobil pemadam kebakaran dan ratusan personel dikerahkan untuk memadamkan api.

Humas Damkar DKI Jakarta mengatakan, api di Depo Pertamina Plumpang berhasil dilokalisir pukul 22.37 WIB. Sementara proses pendinginan dimulai pukul 23.12 WIB.

Data yang terkumpul pukul 00.15 WIB dini hari Sabtu (4/3/2023), sebanyak 16 orang meninggal dunia dan 50 warga mengalami luka bakar.

Korban luka mendapat perawatan di sejumlah rumah sakit, antara lain RSUD Koja, RSUD Tugu Koja, RS Pelabuhan dan RS Muliasari. Sedangkan korban luka bakar serius dirujuk ke RSCM, RS Pusat Pertamina dan RS Polri Kramat Jati.

Sekarang, ratusan orang warga yang tinggal di sekitar Depo Pertamina Plumpang harus mengungsi di Kantor PMI, dan Masjid As Sholihin Jakarta Utara.(rid/ipg)

Berita Terkait

..
Potret NetterSelengkapnya

Evakuasi Kecelakaan Bus di Trowulan Mojokerto

Motor Tabrak Pikap di Jalur Mobil Suramadu

Surabaya
Rabu, 29 Mei 2024
27o
Kurs