Senin, 29 April 2024

Puncak Arus Balik, 40 Ribuan Orang Berangkat dari Bandara Juanda Hari Ini

Laporan oleh Meilita Elaine
Bagikan
Suasana puncak mudik di Bandara Juanda, Kamis (20/4/2023). Foto: Humas Bandara Internasional Juanda

Sejak puncak arus balik Lebaran Idulfitri 1444 H yang dimulai kemarin, Senin (24/4/2023) jumlah penumpang pesawat melalui Bandara Udara Internasional Juanda, Sidoarjo, Jawa Timur, terus mengalami kenaikan.

Sisyani Jaffar General Manager Bandara Juanda menyebut 42.193 orang berangkat dari Bandara Juanda per kemarin.

“Tahun 2022, periode yang sama (H+2 Lebaran) 28.968 penumpang, naik 46 persen,” katanya, Selasa (25/4/2023).

Sementara, rencana penerbangan hari ini, jumlahnya diprediksi lebih tinggi dibanding kemarin.

“Jumlah penumpang 44.396. Jumlah pesawatnya 308,” tambahnya.

Sehingga, secara keseluruhan masa angkutan mudik Lebaran tahun ini, sudah ada 400 ribu lebih penumpang di Bandara Juanda.

“Rekapitulasi sampai dengan H+2, jumlah penumpang 440.066. Sementara tahun lalu ada 344.229. Meningkat 28 persen,” ujarnya lagi.

Sehubungan dengan tingginya penumpang keberangkatan Bandara Juanda, sambung Sisyani, pihaknya menjamin sejumlah kesiapan termasuk memaksimalkan ruang tunggu di Terminal 1.

“Kami akan maksimalkan 15 ruang tunggu untuk melayani arus balik, dengan tetap mempertimbangkan kebutuhan operasional di lapangan. Artinya, seluruh ruang tunggu siap beroperasi dan menyesuaikan juga dengan jumlah penumpang yang dilayani,” ungkapnya.

Selain itu, para petugas di bandara juga akan melakukan pengaturan baik pada sisi lalu lintas di area pergerakan kendaraan pengantar dan penjemput maupun di area dalam terminal yang berpotensi terjadi antrean seperti konter check in dan pemeriksaan keamanan.

“Saat ini kami operasikan empat X-ray penumpang dan satu X-ray karyawan yang dapat digunakan jika terjadi kepadatan. Kami juga siapkan tambahan satu X-ray di sisi timur terminal untuk antisipasi. Seluruh peralatan pemeriksaan keamanan tersebut menurut perhitungan kami masih akan dapat menampung jumlah penumpang yang akan terlayani. Pada area tersebut personil Avsec yang bertugas adalah sejumlah 20 sampai 25 orang setiap shifnya,” tandas Sisyani.(lta/dfn/rid)

Berita Terkait

Potret NetterSelengkapnya

Motor Tabrak Pikap di Jalur Mobil Suramadu

Mobil Tertimpa Pohon di Darmo Harapan

Pagi-Pagi Terjebak Macet di Simpang PBI

Surabaya
Senin, 29 April 2024
27o
Kurs