Rabu, 24 Juli 2024

Puncak Hari Jadi Kota Surabaya, Wali Kota Minta Warga Kompak Perangi Kemiskinan

Laporan oleh Ika Suryani Syarief
Bagikan
Eri Cahyadi Wali Kota Surabaya memotong tumpeng raksasa di momen resepsi HJKS, Rabu (31/5/2023). Foto: suarasurabaya.net

Eri Cahyadi Wali Kota Surabaya pada momen puncak Hari Jadi Kota Surabaya (HJKS), Rabu (31/5/2022),  meminta warga agar kompak memerangi kemiskinan. Pernyataan tersebut disebutkan saat resepsi HJKS di halaman Taman Surya Balai Kota Surabaya, Rabu (31/5/2023).

“Jadi alhamdulillah, HJKS ini kita bagaimana menggalakkan guyub-rukun dan gotong-royong. Kedua, bagaimana kita menyelesaikan bangsa ini, kota ini, terkait kemiskinan, pengangguran, kematian ibu dan anak, bayi stunting, gizi buruk, bagaimana kita bergerak dengan gotong-royong,” beber Eri.

Eri Cahyadi menyatakan dalam program peningkatan pendapatan dengan padat karya, banyak warga Surabaya yang ketika akan diberikan peningkatan bekerja agak enggan.

“Sehingga, saya tadi berikan contoh, untuk merubah nasib, Tuhan tidak akan pernah merubah nasib kaumnya, kalau kaumnya tidak mau berubah. Ada pendapatan yang awal mereka bekerja di padat karya 500 ribu rupiah  menjadi empat juta rupiah. Tadi program padat karya paving bisa sampai 5-6 juta rupiah. Jadi kalau tidak ingin kemiskinan, harus berusaha,” kata Eri.

Beberapa tamu undangan antara lain warga Masyarakat Berpenghasilan Rendah (MBR) yang berhasil lepas dari status tersebut pun diundang dan diminta memberi testimoni terkait kesuksesan program padat karya.

Eri Cahyadi Wali Kota Surabaya, Rabu (31/5/2023). Foto: suarasurabaya.net

Eri Cahyadi berharap di ulang tahun ke-730 Kota Surabaya, warga Surabaya semakin sejahtera.

“Kita masih punya banyak PR, salah satunya bagaimana setiap keluarga harus memiliki pendidikan keluarga yang kuat agar putra-putrinya meski berada di kota besar, (tetap) harus dijaga. Meski ibu bapak berjuang, tapi keluarganya harus tetap harmonis. Saya berharap semua keluarga bisa menjaga putra-putri dan juga keluarga harmonis,” tambahnya.

Ia optimistis, target itu akan tercapai. Eri Cahyadi menyatakan yakin di ulang tahun ke-730 Kota Surabaya, masalah di Surabaya bisa diselesaikan dengan semangat gotong-royong, guyub-rukun yang sudah ditunjukkan semua stakeholder.

Sekedar diketahui, resepsi HJKS pada Rabu (31/5/2023) digelar mulai pukul 07.30 WIB dan dibuka Eri Cahyadi. Ratusan warga yang hadir dihibur puluhan pelajar yang menampilkan tarian kolosal. Resepsi ini sekaligus menutup seluruh rangakain hari jadi yang telah dilaksanakan mulai 1 Mei, yakni Surabaya Shopping Festival, Festival Rujak Uleg, Surabaya Vaganza, hingga sejumlah Kejuaraan Piala Wali Kota. (lta/put/rst)

Berita Terkait

..
Potret NetterSelengkapnya

Pipa PDAM Bocor, Lalu Lintas di Jalan Wonokromo Macet

Perahu Nelayan Terbakar di Lamongan

Surabaya
Rabu, 24 Juli 2024
31o
Kurs