Sabtu, 25 Mei 2024

Putin-Abbas Desak Dialog untuk Penyelesaian Konflik Palestina-Israel

Laporan oleh Billy Patoppoi
Bagikan
Seorang warga Palestina berdiri di lokasi serangan Israel terhadap sebuah rumah, di tengah konflik yang sedang berlangsung antara Israel dan Hamas di Rafah, selatan Jalur Gaza pada 22 Desember 2023. Foto: Reuters

Vladimir Putin Presiden Rusia dan Mahmoud Abbas Presiden Palestina pada Jumat (22/12/2023) menyoroti kebutuhan mendesak untuk melanjutkan kembali dialog politik guna menyelesaikan konflik Palestina-Israel.

Kremlin dalam pernyataanya menyebutkan Putin memberi tahu Abbas mengenai langkah-langkah yang diambil pihak Rusia untuk membantu meredakan konflik tersebut, dan memastikan pasokan bantuan kemanusiaan tidak terganggu,

“Rusia akan terus memasok barang-barang esensial ke Jalur Gaza, termasuk obat-obatan dan peralatan medis,” ujarnya.

Lebih lanjut, kedua pemimpin menekankan pentingnya mengakhiri pertumpahan darah lebih awal dan melanjutkan kembali proses penyelesaian politik Timur Tengah berbasis hukum internasional yang mengakui pembentukan Negara Palestina merdeka dalam perbatasan 1967.

Pihak Rusia juga menyuarakan dukungan atas sejumlah upaya yang dilakukan kepemimpinan Palestina untuk memajukan proses penyelesaian politik itu. (ant/feb/rid)

Berita Terkait

..
Potret NetterSelengkapnya

Evakuasi Kecelakaan Bus di Trowulan Mojokerto

Motor Tabrak Pikap di Jalur Mobil Suramadu

Surabaya
Sabtu, 25 Mei 2024
31o
Kurs