Jumat, 3 Mei 2024

Ratusan Siswa Peserta Diktuba TNI-Polri Bersinergi Bersihkan Kota Surabaya

Laporan oleh Billy Patoppoi
Bagikan
Penyerahan alat kebersihan dan kebutuhan taman secara simbolik oleh Luhut Siagian Pemimpin upacara sekaligus Komandan Puslatdiksarmil Kolonel Laut di Taman Bungkul Surabaya, Kamis (26/10/2023). Foto: Feby Magang suarasurabaya.net Penyerahan alat kebersihan dan kebutuhan taman secara simbolik oleh Luhut Siagian Pemimpin upacara sekaligus Komandan Puslatdiksarmil Kolonel Laut di Taman Bungkul Surabaya, Kamis (26/10/2023). Foto: Feby Magang suarasurabaya.net

TNI Angkatan Laut bersama Siswa Pendidikan Pembentukan Bintara (Diktukba) Polri menggelar kegiatan karya bakti dan bakti sosial di Taman Bungkul Surabaya, Kamis (26/10/2023).

Kolonel Laut Luhut Siagian Komandan Puslatdiksarmil selaku inspektur upacara menuturkan, kegiatan tersebut merupakan bagian dari program Diklat Integrasi Kampus Kebangsaan TNI-Polri tahun angkatan 2023, yang diselenggarakan di Pusat Latihan dan Pendidikan Dasar Militer (Puslatdiksarmil) Kodiklatal, Juanda.

“Untuk kegiatan karya bakti dan bakti sosial ini bagian dari program kegiatan Diklat Integrasi. Kalau kita bergeser sedikit kepada Tri Dharma Perguruan Tinggi, salah satunya pengabdian kepada masyarakat. Inilah yang bisa kita lakukan yang sudah direncanakan, dipikirkan oleh petinggi kita baik itu dari TNi maupun Polri,” ujarnya.

Luhut Siagian yang juga ketua penyelenggaraan Diklat Integrasi kampus kebangsaan TNI-Polri tahun ajaran 2023 ini, mengungkapkan bahwa kegiatan tersebut bukan kali pertama.

“Ini sudah yang kedua kalinya. Ini ide ataupun gagasan dari pimpinan kita dalam hal ini TNI-Polri yang mana dirasa perlu adanya kegiatan semacam ini,” tuturnya.

Soal alasan memilih Taman Bungkul sebagai lokasi karya bakti dan bakti sosial, dia menyebut karena lokasinya yang strategis.

“Tempatnya saya pikir strategis sekali karena ini punya nilai penting bagi masyarakat Jawa Timur khususnya Surabaya,” ucapnya.

Lebih lanjut, dia berharap dengan diselenggarakannya kegiatan tersebut, dapat menanamkan rasa kepedulian siswa hingga saat bertugas nantinya.

“Diharapkan sejak dini, sejak awal ada hubungan emosional sehingga nantinya pada saat prajurit-prajurit TNI maupun Polri dalam melaksanakan tugas di medan penugasan tidak lagi canggung. Tidak lagi ada kendala yang tidak bisa dikomunikasikan,” harapnya.

Di akhir kesempatan, dia  juga memberi pesan semangat kepada 240 siswa yang sedang melaksanakan diklat pada 23-27 Oktober ini. “Tetap jaga kekompakan dan tetap semangat,” pungkasnya.

Sebagai informasi, selain mengadakan karya bakti dalam kegiatan, juga dilaksanakan acara donor darah dengan 100 kuota yang dimulai sejak pukul 08.00 hingga 12.00 WIB.

Kegiatan ini dihadiri oleh jajaran pejabat utama Puslatdiksarmil, Dandim 0832/04 yang diwakili oleh Danramil Wonokromo 0832/04, Soemitro Karumkit TNI AU, Kapolrestabes yang diwakili oleh Kapolsek Wonokromo, Walikota Surabaya yang diwakili oleh Myrna Augusta Aditya Dewi Kabid. P3H, serta Camat Wonokromo dan Lurah Darmo. (feb/bil/ham)

Berita Terkait

..
Potret NetterSelengkapnya

Massa Hari Buruh Berkumpul di Frontage Ahmad Yani

Motor Tabrak Pikap di Jalur Mobil Suramadu

Mobil Tertimpa Pohon di Darmo Harapan

Surabaya
Jumat, 3 Mei 2024
29o
Kurs