Sabtu, 4 Mei 2024

Ribuan Jemaah Haji Surabaya Mengikuti Bimbingan Manasik Haji Massal

Laporan oleh Iping Supingah
Bagikan
Ribuan peserta Bimbingan Manasik Haji Massal gelombang I Kota Surabaya Tahun 1444 H / 2023 M Kantor Kementerian Agama Kota Surabaya di Hall Muzdalifah Asrama Haji Embaskasi Surabaya, Selasa (16/5/2023). Foto: Iping suarasurabaya.net

Bimbingan Manasik Haji Massal jemaah haji Kota Surabaya Tahun 1444 Hijriyah / 2023 Masehi Kantor Kementerian Agama Kota Surabaya dilaksanakan di Hall Muzdalifah Asrama Haji Embarkasi Surabaya.

Dr. Pardi Kepala Kantor Kementerian Agama (Kemenag) Kota Surabaya waktu ditemui suarasurabaya.net, Selasa (16/5/2023) mengatakan, kegiatan Manasik Haji Massal gelombang pertama dilaksanakan 16-17 Mei 2023 yang diikuti sekitar 1.300 jemaah. Sedangkan manasik haji gelombang kedua akan dilaksanakan 20-21 Mei 2023.

“Dengan penyelenggaraan Manasik Haji Massal ini, harapannya agar semua jemaah siap di dalam pelaksanaan dan persiapan keberangkatannya. Kemudian mengetahui hak dan kewajibannya. Lalu paham apa yang perlu dipersiapkan untuk pelaksanaan ibadah haji selama di Makkah sampai pulang ke Tanah Air lagi,” kata Pardi.

Dr. Pardi Kepala Kantor Kemenag Kota Surabaya saat memberikan materi tentang Hak dan Kewajiban Jemaah Haji dalam Bimbingan Manasik Haji Massal jemaah haji Kota Surabaya tahun 1444 H / 2023 M di Asrama Haji Embarkasi Surabaya, Selasa (16/5/2023). Foto: Iping suarasurabaya.net

Dalam kegiatan ini selain Dr. Pardi yang menyampaikan materi tentang “Hak dan Kewajiban Jemaah Haji”, Husnul Maram Kepala Kantor Wilayah Kementerian Agama Provinsi Jawa Timur juga menyampaikan materi tentang “Kebijakan Haji Tahun 1444H/2023 M”.

Dalam kesempatan ini Husnul juga memperkenalkan petugas haji Embarkasi Surabaya yang ditugaskan oleh Kemenag dan Kementerian Kesehatan, terdiri dari: ketua kloter, pembimbing haji, dokter dan perawat.

“Jadi ini petugas-petugas pilihan yang sudah lolos tes. Keberangkatannya ke Tanah Suci dibiayai oleh negara. Jadi jemaah jangan sungkan-sungkan kalau butuh pertolongan, silakan langsung minta tolong ke petugas,” ujarnya.

Petugas haji Embarkasi Surabaya terdiri dari ketua kloter, pembimbing haji, dokter, dan perawat saat diperkenalkan kepada jemaah haji dalam kegiatan Bimbingan Manasik Massal di Asrama Haji Surabaya, Selasa (16/5/2023). Foto: Iping suarasurabaya.net

Untuk diketahui, sebelumnya Bimbingan Manasik Haji juga dilaksanakan di wilayah KUA masing-masing kecamatan di Surabaya secara serentak selama 6 hari mulai 10-15 Mei 2023.

Kartinah warga Kelurahan Perak Barat, Kecamatan Krembangan saat mengikuti Manasik Haji Massal di Asrama Haji Sukolilo Surabaya pada suarasurabaya.net mengaku kegiatan manasik di kecamatan maupun kota sangat bermanfaat.

“Sebenarnya jemaah sudah mendapatkan bimbingan manasik haji dari KBIH (Kelompok Bimbingan Ibadah Haji). Tapi dengan adanya manasik kecamatan dan kota, jemaah haji bisa semakin paham dan mantap rasanya,” ungkapnya.

Keberangkatan jemaah haji Embarkasi Surabaya gelombang pertama pada 24 Mei 2023. Sedangkan keberangkatan terakhir gelombang kedua pada 22 Juni 2023.

Jawa Timur tahun ini akan memberangkatkan 35 ribu lebih jemaah. Sedangkan Surabaya sekitar 2.600 jemaah. Saat ini Kemenag juga masih menunggu pelunasan terakhir pada 19 Mei 2023.

Pardi Kepala Kantor Kemenag Surabaya berpesan, Surabaya sebagai kloter penyangga, para jemaah haji ini harus siap berangkat kapan pun sewaktu-waktu mendapat panggilan untuk masuk Asrama Haji di Sukolilo Surabaya. Mulai 23 Mei jemaah diimbau tidak bepergian ke luar kota, terutama yang jemaah haji mandiri.(ipg)

Berita Terkait

..
Potret NetterSelengkapnya

Massa Hari Buruh Berkumpul di Frontage Ahmad Yani

Motor Tabrak Pikap di Jalur Mobil Suramadu

Mobil Tertimpa Pohon di Darmo Harapan

Surabaya
Sabtu, 4 Mei 2024
26o
Kurs