Minggu, 5 Mei 2024

Ridwan Mansyur Resmi Jadi Hakim Konsitusi, Martinus Hukom Kepala BNN

Laporan oleh Farid Kusuma
Bagikan
Ridwan Mansyur mengucapkan sumpah jabatan sebagai Hakim Konstitusi, Jumat (8/12/2023), di Istana Negara, Jakarta. Foto: Biro Pers Setpres

Joko Widodo Presiden, hari ini, Jumat (8/12/2023), menyaksikan langsung pengucapan sumpah jabatan Ridwan Mansyur sebagai Hakim Konstitusi, di Istana Negara, Jakarta.

Pelantikan Ridwan berdasarkan Keputusan Presiden (Keppres) Nomor 98/P Tahun 2023. Dia menggantikan Manahan Sitompul yang masuk masa pensiun.

“Saya bersumpah bahwa saya akan memenuhi kewajiban hakim konstitusi dengan sebaik-baiknya dan seadil-adilnya, memegang teguh Undang-Undang Dasar Negara Republik Indonesia Tahun 1945, dan menjalankan segala peraturan perundang-undangan dengan selurus-lurusnya menurut Undang-Undang Dasar Negara Republik Indonesia Tahun 1945, serta berbakti kepada nusa dan bangsa,” ucapnya.

Mantan Kabiro Hukum dan Humas Mahkamah Agung itu satu-satunya yang dinyatakan lulus penulisan makalah dan uji kelayakan dari lima orang yang mencalonkan.

Dalam kariernya sebagai hakim, dia pernah mengadili perkara pembunuhan Munir aktivis HAM dengan terdakwa Polycarpus Budihari Priyanto, dan perkara penodaan agama dengan terdakwa Lia Eden.

Selanjutnya, Presiden melantik Irjen Pol Marthinus Hukom sebagai Kepala Badan Narkotika Nasional (BNN).

Pelantikan Kepala BNN dilakukan berdasarkan Keputusan Presiden Republik Indonesia Nomor 182/TPA Tahun 2023 tentang Pemberhentian dan Pengangkatan Dari dan Dalam Jabatan Pimpinan Tinggi Utama di Lingkungan Badan Narkotika Nasional.

Dengan jabatan barunya, dia mendapatkan kenaikan pangkat menjadi Komisaris Jenderal Polisi.

Sebelumnya, Marthinus menjabat sebagai Kepala Detasemen Khusus 88 Anti Teror Polri.

Perwira tinggi Polri tersebut tercatat pernah terlibat dalam operasi penangkapan Ali Imron teroris Bom Bali I.

Marthinus yang berpengalaman di bidang reserse, menggantikan Komjen Pol Petrus Golose yang sudah masuk masa purna tugas.(rid/iss)

Berita Terkait

..
Potret NetterSelengkapnya

Massa Hari Buruh Berkumpul di Frontage Ahmad Yani

Motor Tabrak Pikap di Jalur Mobil Suramadu

Mobil Tertimpa Pohon di Darmo Harapan

Surabaya
Minggu, 5 Mei 2024
32o
Kurs