Jumat, 23 Februari 2024

Rumah Sakit Pertama di IKN Mulai Dibangun

Laporan oleh Farid Kusuma
Bagikan
Joko Widodo Presiden, hari ini, Jumat (22/9/2023), melakukan peletakan batu pertama (groundbreaking) Rumah Sakit Abdi Waluyo, di kawasan Ibu Kota Nusantara (IKN). Foto: Biro Pers Setpres

Joko Widodo Presiden, hari ini, Jumat (22/9/2023), melakukan peletakan batu pertama (groundbreaking) Rumah Sakit Abdi Waluyo, di kawasan Ibu Kota Nusantara (IKN).

Rumah sakit itu tercatat sebagai rumah sakit pertama yang akan dibangun di kawasan IKN, Kabupaten Penajam Paser Utara, Provinsi Kalimantan Timur.

Dalam pidatonya sebelum melakukan peresmian pembangunan secara simbolis, Kepala Negara menyebut RS Abdi Waluyo Nusantara nantinya punya sekitar 400 kamar perawatan dan melayani perawatan subspesialis.

Alhamdulillah, hari ini kita lakukan groundbreaking rumah sakit pertama di Ibu Kota Nusantara. Setelah kemarin hotel, tadi pagi Training Center PSSI, sekarang Rumah Sakit Abdi Waluyo Nusantara,” ujarnya.

Pada kesempatan itu, Jokowi juga mengapresiasi investasi senilai Rp2 triliun untuk pembangunan RS Abdi Waluyo Nusantara.

RI 1 berharap adanya RS Abdi Waluyo Nusantara jadi daya tarik masyarakat kawasan IKN, masyarakat berbagai wilayah Indonesia, bahkan dari luar negeri.

Lebih lanjut, Presiden menegaskan tidak ada masalah anggaran pembangunan sejumlah infrastruktur dasar di IKN seperti Istana Kepresidenan, dan kantor kementerian.

Mantan Gubernur DKI Jakarta itu menambahkan, pemerintah terus mendorong pembangunan sejumlah infrastruktur dari sektor swasta dan dunia usaha.

Mulai dari pembangunan sekolah, universitas, rumah sakit, pusat perbelanjaan, hingga tempat makan.

Sebelumnya, Bambang Susantono Kepala Otorita IKN mengatakan, pembangunan tahap pertama tahun 2024 fokus mewujudkan satu ekosistem utuh yang terdiri dari sejumlah fasilitas.

Di antaranya, fasilitas infrastruktur, fasilitas publik, gedung-gedung perkantoran, dan pusat perbelanjaan di Kawasan Inti Pusat Pemerintahan.(rid/iss)

Berita Terkait

Potret NetterSelengkapnya

Truk Trailer Mogok, Jembatan Branjangan Macet Total

Kecelakaan Truk Box dan Motor di Sukorejo Pasuruan

Tetap Nyoblos Meski TPSnya Banjir

Bus Tabrak Tiang Listrik di Sukodadi Lamongan

Surabaya
Jumat, 23 Februari 2024
31o
Kurs