Sabtu, 27 April 2024

Sedikitnya 284 Orang Meninggal Usai Gempa Bumi Dahsyat Guncang Turki

Laporan oleh Ika Suryani Syarief
Bagikan
Kondisi bangunan-bangunan rusak serta warga yang berkumpul di jalan sesaat sesudah gempa dahsyat berkekuatan magnitudo 7,4 mengguncang Turki pada Senin pagi (6/2/2023). Foto: Xinhua

Sedikitnya 284 orang meninggal dunia dan 2.323 lainnya luka-luka setelah dua gempa kuat mengguncang Turki pada Senin (6/2/2023) pagi dan merusak lebih dari 1.700 bangunan, kata Fuat Oktay Wakil Presiden Turki.

Gempa bumi berkekuatan magnitudo 7,4 mengguncang distrik Pazarcik di Provinsi Kahramanmaras, Turki selatan pada pukul 04.17 waktu setempat, dan disusul gempa dengan magnitudo 6,4 di Provinsi Gaziantep, Turki selatan pada pukul 04.26 waktu setempat, kata Otoritas Penanggulangan Bencana dan Keadaan Darurat Turki.

Fokus gempa berada di kedalaman 7 kilometer (km). Setidaknya 78 gempa susulan berturut-turut tercatat dengan magnitudo maksimum 6,6, kata Oktay kepada wartawan.

Sebanyak lima orang tewas dan 34 bangunan rusak di Provinsi Osmaniye, Turki selatan, kata Gubernur Erdinc Yilmaz.

Sementara itu, di Provinsi Sanliurfa, Turki tenggara, sedikitnya 10 orang dilaporkan tewas dan 16 bangunan roboh, kata Gubernur Salih Ayhan.

“Kami mengerahkan semua tim pencarian dan penyelamatan kami ke zona gempa. Saat ini, kami menetapkan status siaga tertinggi,” kata Suleyman Soylu Menteri Dalam Negeri Turki.

Soylu menyebutkan bahwa gempa bumi tersebut telah menyebabkan korban dan kerusakan di sedikitnya 10 provinsi di Turki selatan dan tenggara.

“Kami menetapkan status siaga tingkat keempat. Ini merupakan tingkat siaga yang mencakup bantuan internasional,” kata Soylu.

Lembaga penyiaran yang dikelola Turki, TRT, memperlihatkan kondisi bangunan-bangunan yang rusak serta warga yang berkumpul di jalan sesaat sesudah gempa.(ant/iss/ipg)

Berita Terkait

Potret NetterSelengkapnya

Motor Tabrak Pikap di Jalur Mobil Suramadu

Mobil Tertimpa Pohon di Darmo Harapan

Pagi-Pagi Terjebak Macet di Simpang PBI

Surabaya
Sabtu, 27 April 2024
27o
Kurs