Senin, 29 April 2024

Seharian ini Seluruh Wilayah Jatim Diprakirakan Cerah hingga Berawan

Laporan oleh Billy Patoppoi
Bagikan
Ilustrasi Langit Surabaya cerah berawan. Foto: Dok/ suarasurabaya.net

Badan Meteorologi, Kimatologi dan Geofisika (BMKG) memprakirakan seluruh wilayah Jawa Timur (Jatim) cerah seharian, Sabtu (20/5/2023) ini.

Dalam keterangan yang diterima suarasurabaya.net, kawasan seperti Surabaya Raya (Kota Surabaya, Kabupaten Sidoarjo dan Gresik) berpotensi cerah hingga berawan pada pagi hingga malam hari.

Begitu juga di Pulau Madura, di Kabupaten Bangkalan, Pamekasan hingga Sumenep diprediksi cerah seharian. Sedangkan wilayah Kabupaten Banyuwangi, Probolinggo, dan Pasuruan diprakirakan berawan hingga berkabut pada malam hari.

Suhu udara seluruh wilayah Jatim, hari ini berkisar 14-34 derajat celcius, dengan kelembapan udara mencapai 50-95 persen. Untuk angin dominan berhembus dari Timur mengarah ke Tenggara, dengan kecepatan lima sampai 30 kilometer per jam.

Sementara itu BMKG Maritim Tanjung Perak memprediksi kondisi cuaca secara umum berawan dengan potensi hujan ringa, hampir bisa terjadi di seluruh wilayah perairan Jatim.

Arah angin didominasi dari Timur ke Tenggara, kecepatan maksimum di Laut Jawa bagian Timur 21 knots (39 kilometer per jam) dan Samudera Hindia Selatan Jatim sebesar 22 knots (41 kilometer per jam).

Ketinggian gelombang laut di Selat Madura antara 0.2-1.0 meter, Laut Jawa bagian Timur antara 0.5-1.8 meter dan Samudera Hindia Selatan Jatim antara 1.3-3.8 meter.

Masyarakat yang beraktivitas di wilayah pesisir juga diimbau waspada terhadap tinggi gelombang lebih dari 2.5 meter, di perairan Selatan Jatim dan Samudera Hindia Selatan Jatim. (bil/ipg)

Berita Terkait

Potret NetterSelengkapnya

Motor Tabrak Pikap di Jalur Mobil Suramadu

Mobil Tertimpa Pohon di Darmo Harapan

Pagi-Pagi Terjebak Macet di Simpang PBI

Surabaya
Senin, 29 April 2024
29o
Kurs