Rabu, 17 Juli 2024

Sejak 24 April – 2 Mei 2023 Sekitar 393.600 Penumpang KA Tiba di Jakarta

Laporan oleh Muchlis Fadjarudin
Bagikan
Suasana di stasiun Gambir, Jakarta Pusat pada masa Idulfitri 1444 Hijriah atau 2023. Foto : Faiz Fadjarudin suarasurabaya.net

Peningkatan volume penumpang turun di area Daop 1 Jakarta sudah terjadi sejak tanggal 24 April 2023 dengan rata-rata volume sekitar 40 ribu sampai dengan 44 ribu.

Hari ini, Selasa 2 Mei 2023 jumlah penumpang turun masih tinggi yakni sekitar 43 ribu, dari jumlah tersebut 17 ribu penumpang turun di Stasiun Pasar Senen, 15 ribu penumpang di Stasiun Gambir dan sisa nya turun di sejumlah stasiun lain seperti Jakarta Kota, Bekasi, Jatinegara, Cikarang, Karawang dan Cikampek.

Demikian disampaikan Eva Chairunisa Kepala Humas KAI Daop 1 Jakarta menyikapi arus balik lebaran 2023.

“Adapun puncak arus balik dengan volume berkisar diangka 44 ribu terjadi pada 26-30 April. Volume tertinggi dengan jumlah mencapai sekitar 45 ribu terjadi pada 1 Mei 2023,” ujar Eva, Selasa (2/5/2023).

Kata dia, secara total selama kurun waktu 9 hari pasca lebaran yakni mulai 24 April – 2 Mei 2023 terdapat sekitar 393.600 penumpang turun di area Daop 1 Jakarta.

“Dari jumlah sekitar 393.600 penumpang yang turun selama 9 hari tersebut, sekitar 153.358 merupakan penumpang turun di Stasiun Pasar Senen,  136.360 penumpang turun di Stasiun Gambir, 37.900 penumpang di Stasiun Bekasi, 38.700 penumpang di Stasiun Jatinegara dan sisanya penumpang turun di Stasiun Jakarta Kota, Cikarang, Karawang dan Cikampek,” jelasnya.

Menurut Eva, jumlah tersebut mengalami peningkatan hingga 2x lipat dari masa normal. Peningkatan volume pengguna jasa yang tiba di area Daop 1 Jakarta akan terjadi hingga tanggal 3 Mei 2023 dimana sekitar 37 ribu penumpang terdata telah melakukan pemesanan tiket untuk menuju area KAI Daop 1 Jakarta pada tanggal tersebut.

Sebelumnya, KAI Daop 1 Jakarta juga telah melakukan sejumlah persiapan untuk moment arus balik, diantaranya menambah ketersediaan kursi pada area tunggu penumpang sehingga diharapkan bagi penumpang yang baru tiba dan menunggu jemputan tidak berdiri dan meletakan barangnya pada area tertentu yang dapat menggangu arus lalu lalang penumpang lain di stasiun.

Sejumlah petugas Costumer Service Mobile (CSM) juga disiapkan untuk melayani informasi dan mengatur alur calon penumpang yang baru tiba. Petugas tambahan untuk pengatur kendaraan juga disiapkan di sejumlah titik pada area parkir stasiun.

Dari sisi keamanan dan keselamatan Daop 1 Jakarta juga bekerja sama dengan TNI dan Polri pengamanan seluruh objek vital pada masa angkutan lebaran. Kerjasama dengan Basarnas dan 45 provider Rumah Sakit juga dilakukan guna percepatan penanganan kondisi darurat.

Seluruh barang tertinggal diatas KA milik penumpang turun juga telah diamankan petugas dan sebagian telah diambil oleh pemilik. Melalui pendataan sistem Lost and Found tercatat sekitar 210 barang milik penumpang turun yang tertinggal di atas KA dan ditemukan oleh petugas. Mayoritas barang tertinggal ditemukan pada area kursi penumpang. Daop 1 Jakarta terus menghimbau seluruh penumlang turun agar memeriksa kembali barang bawaannya termasuk pada area kursi penumpang.

Mayoritas pengguna jasa yang tiba di area Daop 1 Jakarta berasal dari area Yogyakarta, Surabaya, Semarang, Solo, Purwokerto, Kutoarjo dan Malang.

Secara keseluruhan situasi arus balik terpantau lancar dan kondusif serta seluruh perjalanan KA berlangsung aman dan selamat.(faz/ipg)

Berita Terkait

..
Potret NetterSelengkapnya

Pipa PDAM Bocor, Lalu Lintas di Jalan Wonokromo Macet

Perahu Nelayan Terbakar di Lamongan

Surabaya
Rabu, 17 Juli 2024
23o
Kurs