Senin, 29 April 2024

Sekdaprov Jatim: Cerita Raden Panji dan Dewi Sekartaji Satukan Budaya ASEAN

Laporan oleh Billy Patoppoi
Bagikan
Pagelaran ASEAN Panji Festival di Pasuruan. Foto : Antara

Adhy Karyono Sekretaris Daerah Provinsi Jatim mengatakan jika cerita Raden Panji Inu Kertapati dan Dewi Sekartaji mampu menyatukan budaya dari negara-negara ASEAN.

“Ini sama dengan Rama dan Sinta tetapi ceritanya bermacam-macam tetapi untuk menyatukan dua hati,” katanya saat kegiatan ASEAN Panji Festival di Taman Candra Wilwatikta di Pasuruan, Jawa Timur, Minggu (22/10/2023) malam dikutip Antara.

Meskipun berasal dari negara yang berbeda bangsa yang berbeda, lanjutnya, semua dipersatukan oleh cerita Panji sebagai keberagaman di Asia Tenggara.

“Ini merupakan kekayaan kultural yang harus dilestarikan serta berikan bukti bahwa karya luhur budaya asli Jawa Timur mampu menembus batas-batas wilayah dan zaman sehingga dapat diterima dan terus berkembang di berbagai negara di Asia Tenggara hingga saat ini,” ujarnya.

Ia mengatakan, cerita Panji tidak hanya sebatas karya sastra representasi cerita di Jawa Timur, melainkan juga berkembang di dalam berbagai ragam ekspresi budaya baik budaya benda maupun budaya lainnya.

“Hal ini menjadi cerita Panji yang telah menjadi bagian dari khasanah cagar budaya di Jawa Timur antara lain pada relief lonjong di Kediri dan relief candi di gunung Penanggungan Relief candi Panataran di Blitar,” ujarnya.

Selain itu, cerita Panji yang juga menjadi inspirasi dalam berbagai ragam kesenian tradisional yang berkembang di Jawa Timur antara lain dalam kesenian wayang beber Pacitan, Wayang Topeng di Malang, Wayang Thengul Bojonegoro atau juga Wayang Klitik di Kediri.

“Kami mengucapkan selamat datang para delegasi di tanah kelahiran cerita Panji,” ujarnya.

Sementara Irini Dewi Wanti Direktur Pengembangan dan Pemanfaatan Kebudayaan Kemendikbudristek mengatakan, cerita Panji ini memang satu kebudayaan budaya pencapaian peradaban bangsa yang mengandung nilai-nilai kemanusiaan ASEAN sebagai representasi nilai-nilai yang hidup di masyarakat.

“ASEAN Panji Festival merupakan penampilan kolaborasi dari 9 negara ASEAN, di antaranya Filipina, Indonesia, Kamboja, Laos, Malaysia, Myanmar, Singapura, Thailand, dan Vietnam,” ujarnya. (ant/and/bil/ham)

Berita Terkait

Potret NetterSelengkapnya

Motor Tabrak Pikap di Jalur Mobil Suramadu

Mobil Tertimpa Pohon di Darmo Harapan

Pagi-Pagi Terjebak Macet di Simpang PBI

Surabaya
Senin, 29 April 2024
28o
Kurs