Jumat, 17 Mei 2024

Selain Rumah Sakit, Israel Membombardir Gereja di Gaza

Laporan oleh Muhammad Syafaruddin
Bagikan
Kondisi di dalam Kapel St Philip di Rumah Sakit Al-Ahli Baptist yang diserang Israel di Gaza pada 18 Oktober 2023. (Anadolu Agency) Kondisi di dalam Kapel St Philip di Rumah Sakit Al-Ahli Baptist yang diserang Israel di Gaza pada 18 Oktober 2023. (Anadolu Agency)

Ramzi Khoury Ketua Komite Tinggi Urusan Gereja-Gereja di Palestina menyebut Israel telah membombardir sebuah gereja ortodoks Yunani di Gaza.

Melansir dari Antara, Khoury mengutuk langkah Israel membom gereja ortodoks Yunani Saint Porphyrius di Gaza, di mana sekitar 500 Muslim dan Kristen Palestina sedang berlindung.

Dia menyebut bahwa Israel menargetkan gedung dewan dari gereja tersebut. Khoury menambahkan, serangan terhadap tempat ibadah adalah tindakan yang melanggar hukum internasional.

Serangan ini juga dapat dianggap sebagai kejahatan perang ketika hukum internasional melindungi tempat ibadah dari serangan dalam keadaan apapun.

Atas tragedi tersebut, dua perempuan meninggal dunia dan lainnya luka-luka dalam serangan Israel di gereja ortodoks Yunani di Gaza.

Sebagai informasi, menurut Komite Tinggi Urusan Gereja-Gereja di Palestina, Gereja Saint Porphyrius adalah gereja tertua ketiga di dunia. Gereja ini dibangun pada 425 Masehi dan kemudian direnovasi pada 1856.

Gereja tersebut terletak hanya beberapa meter dari Rumah Sakit Al Ahli Baptis, yang juga menjadi sasaran pemboman Israel pada Selasa hingga menciptakan pembantaian massal terhadap ratusan warga tidak bersalah Palestina. (ant/saf/faz)

Berita Terkait

..
Potret NetterSelengkapnya

Massa Hari Buruh Berkumpul di Frontage Ahmad Yani

Motor Tabrak Pikap di Jalur Mobil Suramadu

Mobil Tertimpa Pohon di Darmo Harapan

Surabaya
Jumat, 17 Mei 2024
28o
Kurs