Selasa, 30 April 2024

Sempat Siaga Hijau, Debit Kali Surabaya Kembali Normal

Laporan oleh Risky Pratama
Bagikan
Pemantauan untuk pengendalian debit dan ketinggian air di Jasa Tirta Karah Jambangan Surabaya, pada Rabu (22/2/2023). Foto: Risky suarasurabaya.net

Suryanto Supervisor Jasa Tirta Gunungsari Surabaya menyatakan, debit air di Kali (Sungai) Surabaya saat ini berada di angka aman.

“Saat ini debit airnya berada di angka 176,36 m³, angka ini aman,” ucapnya saat ditemui suarasurabaya.net di Kantor Jasa Tirta Karah Jambangan Surabaya, Rabu (22/2/2023).

Ia mengatakan angka tersebut berada dalam hitungan aman, karena debit air yang ada di Kali Surabaya tersebut belum melebihi batas siaga.

“Kalau debit airnya 180 m³ itu masuk siaga hijau, kalau 200 m³ terhitung siaga kuning, dan kalau 220 m³ itu masuk siaga merah,” jelasnya.

Debit sungai Surabaya masih berada dalam angka aman, pada Rabu (22/2/2023) menjelang malam. Foto: Risky suarasurabaya.net

Sementara itu, untuk ketinggian air di sungai Surabaya sendiri, saat ini berada di angka 4,60 meter.

“Jadi, untuk ketinggian memang kita upayakan untuk menjaga segini terus,” ungkapnya.

Suryanto juga menjelaskan soal batas siaga untuk ketinggian air sungai, jika memasuki ketinggian 4,70 maka terhitung siaga hijau, memasuki 4,75 berada di siaga kuning, dan ketika memasuki 4,80 berada di siaga merah.

Ia mengatakan, Jasa Tirta Karah akan tetap melakukan pengawasan guna mengendalikan debit dan ketinggian air di sungai Surabaya tersebut.

“Kami selalu monitor, jadi untuk mengupayakan pengendalian banjir, kami sudah siap dengan alat-alat kami, semoga jangan sampai terjadi banjir,” ucapnya.

Untuk diketahui, debit dan ketinggian air sungai tersebut akan terus mengalami pergerakan. Tetapi Suryanto menyatakan kalau Jasa Tirta akan terus melakukan pengendalian.

Untuk Rabu (22/2/2023) pagi, debit air di sungai Surabaya sempat naik di angka 182,79 m³ atau berada di siaga hijau, namun memasuki sore hari, beranjak turun dan kembali ke angka aman 176,36 m³. (ris/bil/ipg)

Berita Terkait

Potret NetterSelengkapnya

Motor Tabrak Pikap di Jalur Mobil Suramadu

Mobil Tertimpa Pohon di Darmo Harapan

Pagi-Pagi Terjebak Macet di Simpang PBI

Surabaya
Selasa, 30 April 2024
28o
Kurs