Sabtu, 27 April 2024

Seorang Pendaki Ditemukan Meninggal di Gunung Arjuno Diduga Hipotermia

Laporan oleh Billy Patoppoi
Bagikan
Petugas mengevakuasi pendaki meninggal dunia di Gunung Arjuno di kawasan Sumber Brantas, Kecamatan Bumiaji, Kota Batu, Jawa Timur, Minggu (20/8/2023). Foto: Antara/BPBD Kota Batu

Seorang pendaki inisial YK (21 tahun) asal Kabupaten Deli Serdang, Sumatera Utara, ditemukan meninggal dunia di kawasan Gunung Arjuno, di Kota Batu, Jawa Timur (Jatim), Minggu (20/8/2023).

Agung Sedayu Kepala Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Kota Batu saat dikonfirmasi mengatakan, korban diduga mengalami hipotermia atau kondisi di mana suhu tubuh berada di bawah kondisi normal.

“Dugaan awal korban mengalami hipotermia. Untuk kronologi pastinya masih dalam penyelidikan oleh pihak kepolisian,” kata Agung seperti dikutip Antara.

Dia menjelaskan, korban ditemukan meninggal dunia di area Pos 2 Batu Besar, pada jalur pendakian Gunung Arjuno melalui Sumber Brantas di wilayah Kecamatan Bumiaji. Korban ditemukan kurang lebih pukul 10.38 WIB.

Jenazah korban kemudian dievakuasi personel gabungan beserta sejumlah relawan ke Rumah Sakit Bhayangkara Hatsa Brata Kota Batu.

“Upaya yang dilakukan yakni mengevakuasi korban ke rumah sakit, kondisi saat itu cuaca berkabut,” ujarnya.

Agung kemudian mengimbau para pendaki khususnya yang ke Gunung Arjuno, melakukan pesiapan pendakian dengan matang dan menjaga kondisi kesehatannya.

Sebagai informasi, Gunung Arjuno secara administratif terletak di perbatasan Kota Batu, Kabupaten Malang, dan Kabupaten Pasuruan. Ada empat pintu masuk untuk pendakian Arjuno dan Welirang, yakni melalui pintu masuk Tretes dan Tambaksari Kabupaten Pasuruan, Sumber Brantas Kota Batu, dan jalur Lawang, Kabupaten Malang.

Gunung Arjuno merupakan gunung tertinggi kedua di Jatim, dengan ketinggian mencapai 3.339 meter di atas permukaan laut (mdpl). Sementara untuk Gunung Welirang, memiliki ketinggian 3.156 mdpl.

Gunung Arjuno, terletak bersebelahan dengan Gunung Welirang, termasuk Gunung Kembar I, dan Gunung Kembar II. Puncak Gunung Arjuno terletak dalam satu punggungan yang sama dengan puncak Gunung Welirang, dan lebih dikenal sebagai kompleks Arjuno-Welirang. (ant/bil/ham)

Berita Terkait

Potret NetterSelengkapnya

Motor Tabrak Pikap di Jalur Mobil Suramadu

Mobil Tertimpa Pohon di Darmo Harapan

Pagi-Pagi Terjebak Macet di Simpang PBI

Surabaya
Sabtu, 27 April 2024
29o
Kurs