Sabtu, 27 April 2024

Suara Surabaya Healthy Festival Hadirkan Khitan Massal, Donor Darah, Medical Check Up dan Pound Fit

Laporan oleh Risky Pratama
Bagikan
Suara Surabaya Healthy Festival akan digelar di Suara Surabaya Center (SSC), pada 27-29 Desember 2023. Foto: Grafis Suara Surabaya

Suara Surabaya Healthy Festival akan digelar di Suara Surabaya Center (SSC) Jalan Raya Bukit Darmo 22-24 Surabaya, pada 27-29 Desember 2023.

Agung Prabowo Panitia Pelaksana Healthy Festival mengatakan, kegiatan itu menghadirkan medical check up, donor darah, khitan massal gratis dan juga pound fit.

“Jadi, memang Surabaya Healthy Festival ini merupakan sebuah pengembangan yang pernah kita lakukan tahun lalu. Jika tahun lalu hanya khitan, tahun ini kita kemas dalam bentuk kepedulian yang dilaksanakan selama tiga hari yang ada juga medical check up hingga donor darah,” ucapnya, Selasa (26/12/2023).

Agung mengatakan, dari seluruh rangkaian itu, diawali dengan khitan massal di hari pertama, kemudian di hari kedua dilanjut dengan donor danah dan hari ketiga pound fit. Sedangkan, untuk medical check up digelar selama tiga hari penuh.

dr. Yakobus Wanusukhy dokter umum Rumah Sakit PHC Surabaya mengtakan, khitan yang akan dilakukan dalam healthy Festival itu, menggunakan teknik smart klamp, yakni teknologi terbaru yang memiliki tingkat keamanan lebih baik dibanding dengan cara-cara biasa.

“Sampai sekarang teknik ini masih menjadi andalan karena minor terjadi kesalahan dsn perawatannya mudah, sehingga banyak yang menggunakan ini. Dari teknik ini juga lebih safety dari teknik lain yang bisa menimbulkan kesalahan seperti bagian yang tidak boleh kena akhirnya kena,” katanya.

Khitan sendiri, kata dia, saat ini bukan hanya sebagai ritual keagamaan dan kebudayaan, melainkan sudah menjadi tren kesehatan yang memberikan dampak positif bagi tubuh.

“Memang sudah banyak penelitian atau dari pengalaman orang tua yang anaknya sakit, ketika ke dokter spesialis disarankan khitan. Dan akhirnya orang tua sekarang sadar bahwa khitan bagus untuk kesehatan, dan itu dilakukan tanpa menunggu sakit dulu,” ucapnya.

Dalam khitan di Healthy Festival nanti, akan diberikan pelayanan gratis kepada sebanyak 100 orang dengan usia maksimal 15 tahun, yang dimulai pukul 08.00-13.00 WIB.

Sementara untuk medical check up, Andre Nugroho Divisi Digital Bisnis Cito Laboratorium Medis mengatakan bahwa nantinya akan disiapkan berbagai pemeriksaan kesehatan, mulai dari diabetes melitus, kolesterol hingga asam urat.

“Ada juga paket penawaran spesial medical check up, namanya ledies medical check up, yakni pengecekan kesehatan dan perawatan yang dikemas dengan bisa diambil dari fase ke fase, sehingga bisa mewujudkan manusia bahagia sepanjang masa,” katanya.

Sedangkan untuk donor darah, Lianawati dari Lions Club Surabaya mengatakan bahwa kegiatan tersebut merupakan bagian dari upaya mengimplementasikan kepedulian sosial terhadap masyarakat. Kegiatan di hari kedua itu, akan dilaksanakan mulai pukul 10.00-19.00 WIB.

“Ini setiap tahun juga kita laksanakan, dan dengan bergabung dengan Suara Surabaya harapannya bisa menjangkau lebih luas lagi dan bisa menggerakkan masyarakat juga,” tuturnya.

Di hari terakhir, gelaran Healthy Festival akan ditutup dengan senam pound fit, yang dalam pelaksanaanya akan diadakan dalam dua sesi, yakni mulai jam 19.00-20.00 WIB dan 20.00-21.00 WIB dengan biaya pendaftaran Rp45.ooo.(ris/faz)

Berita Terkait

Potret NetterSelengkapnya

Motor Tabrak Pikap di Jalur Mobil Suramadu

Mobil Tertimpa Pohon di Darmo Harapan

Pagi-Pagi Terjebak Macet di Simpang PBI

Surabaya
Sabtu, 27 April 2024
33o
Kurs