Rabu, 15 Mei 2024

Suara Surabaya Menerima Anugerah Dewan Pers 2023 Kategori Perusahaan Media Terbaik

Laporan oleh Muchlis Fadjarudin
Bagikan
Eddy Prastyo Pemimpin Redaksi Suara Surabaya Media saat menerima Anugerah Dewan Pers 2023 untuk kategori Perusahaan Media Terbaik, di hotel JW Marriot, Jakarta, Jumat (10/11/2023). Foto : Faiz Fadjarudin suarasurabaya.net

PT Radio Fiskaria Jaya Suara Surabaya menerima Anugerah Dewan Pers 2023 untuk kategori Perusahaan Media Terbaik. Suara Surabaya menyisihkan dua nominasi lainnya masing-masing PT Radio Elshinta dan PT SMG Solopos Media Group.

Penyerahan Anugerah Dewan Pers 2023 diterima langsung oleh Eddy Prastyo Pemimpin Redaksi Suara Surabaya Media.

Ninik Rahayu Ketua Dewan Pers mengatakan, Suara Surabaya terpilih menjadi penerima Anugerah Dewan Pers 2023 dengan pertimbangan karena Suara Surabaya bukan hanya mampu memberikan eksistensi pemberitaan, tetapi juga memberikan berbagai inovasi di tengah tantangan saat ini.

“Jadi menjaga independensi dan menghasilkan karya jurnalistik yang berkualitas tetap dipegang teguh di tengah kesulitan kehidupan media,” ujar Ninik dalam acara Anugerah Dewan Pers 2023 di hotel JW Marriot, Jakarta, Jumat (10/11/2023).

Selain itu, kata Ninik, Suara Surabaya juga memiliki engagement atau upaya interaksi yang kuat dengan audience (pendengar) nya.

“Ada pelibatan masyarakat dalam proses informasi dan edukasi. Jadi itulah kekuatannya, memberikan engagement yang kuat yang memberikan dampak positif ke masyarakat,” jelasnya.

“Saya pribadi memberikan penilaian kalau Suara Surabaya itu tidak hanya diikuti kelompok menengah ke bawah, tetapi juga menengah keatas. Bahkan saya dengar sekarang ada juga pendengar dari kalangan anak-anak,” imbuhnya.

Dari sini, Ninik menilai kalau Suara Surabaya mampu melihat siapa audience nya, bagaimana cara menyampaikannya, dan mendapatkan respon, sehingga memikirkan impact dari pemberitaan.

“Semoga Suara Surabaya bisa memberikan inspirasi di tengah kesulitan, tetapi tetap hidup dan menjaga kode etik jurnalistik,” kata dia.

Lebih lanjut Ninik mengatakan, dalam kehidupan pers terdapat tiga pihak yang saling terkait yaitu wartawan, perusahaan pers, dan tokoh masyarakat. UU Pers secara eksplisit menyatakan keanggotaan Dewan Pers hendaklah representasi dari ketiganya secara seimbang.

Kata Ninik, upaya mengembangkan kemerdekaan pers antara lain ditentukan oleh profesionalisme wartawan dan perusahaan pers.

“Juga ditentukan oleh dukungan dari tokoh masyarakat yang mengawal demokrasi dan juga mencintai pers sebagai pilar keempat demokrasi,” terangnya.

Ninik menegaskan, Anugerah Dewan Pers 2023 merupakan ungkapan syukur dan sekaligus apresiasi kepada tiga pihak tersebut serta kepada sosok yang berkontribusi terhadap pers sepanjang hidupnya.(faz)

Berita Terkait

..
Potret NetterSelengkapnya

Massa Hari Buruh Berkumpul di Frontage Ahmad Yani

Motor Tabrak Pikap di Jalur Mobil Suramadu

Mobil Tertimpa Pohon di Darmo Harapan

Surabaya
Rabu, 15 Mei 2024
28o
Kurs