Rabu, 8 Februari 2023

Tanam Pohon Bersama Kader PDIP. Risma: Selama Mengeluarkan Oksigen, Kita Dapat Pahala

Laporan oleh Muchlis Fadjarudin
Bagikan
Tri Rismaharini Ketua DPP PDIP saat tanam pohon bersama kader PDIP Jabar di Kalimalang, Bekasi, Minggu (15/1/2023). Foto : Faiz Fadjarudin suarasurabaya.net

Tri Rismaharini Ketua DPP PDI Perjuangan (PDIP) yang juga Menteri Sosial mengatakan, kegiatan menanam pohon bisa mendatangkan amal jariyah.

Karena, dari satu pohon yang ditanam bisa menghasilkan banyak oksigen yang bisa dihirup manusia.

Itu disampaikan Risma dalam sambutan pembukaan Program Penghijauan Nasional di Desa Lambang Sari, Tambun Selatan, Kabupaten Bekasi, Jawa Barat, Minggu (15/1/2023).

Hadir di acara itu antara lain Sukur Nababan Ketua DPP PDIP, Ono Surono Ketua DPD PDIP Jawa Barat beserta jajaran, Rieke Diah Pitaloka Anggota DPR RI, Nico Siahaan Anggota DPR RI dan Dani Ramdan Pj Bupati Kabupaten Bekasi .

“Jadi, kita menanam untuk kita buat amal jariyah. Kalau pohon itu selama mengeluarkan oksigen maka kita akan mendapat pahala terus menerus,” kata Risma.

Dengan menanam pohon, Risma menyebut, Kader PDIP bukan hanya menjalankan perintah dari Ketua Umum PDIP Megawati Soekarnoputri. Tapi, lebih dari itu, kegiatan memelihara tanaman merupakan perintah agama.

Terlebih, banyak manfaat yang bisa dihasilkan seperti menjaga struktur tanah hingga mencegah banjir, karena air bisa diserap dan disimpan di akar pohon.

“Jadi bapak, ibu semuanya kita enggak usah ngomong banyak. Kita sudah bisa buktikan apa yang diperintahkan, bukan hanya partai memerintah, tapi agama memerintahkan. Ini DPC luar biasa, merawat lansia, miskin, merawat anak yatim, merawat pohon,” tegas Risma.

“Kami ini seolah-olah dituduh partai yang tidak beragama. Tapi, kami bisa merawat yang diperintahkan agama,” ucapnya.

Sukur Nababan Ketua DPP PDIP lalu melakukan pencanangan program penghijauan nasional mewakili Ketua Umum Megawati Soekarnoputri dan DPP PDI Perjuangan.

“Merawat bumi adalah merawat kehidupan itu sendiri. Dan itu bagian dari perjuangan PDI Perjuangan,” kata Sukur.

“Atas nama Prof. Megawati Soekarnoputri ketua umum dan DPP PDI Perjuangan, dengan ini secara resmi membuka membuka program penanaman pohon di seluruh Jawa Barat,” tegasnya.

Sukur bersama Risma lalu bergerak memulai penanaman pohon di pinggir Kalimalang. Setelahnya, mereka juga melakukan susur sungai sekaligus menebar benih ikan di sungai itu.

Dalam kesempatan itu, Ono Surono mengatakan penanaman pohon ini bagian dari Program Penghijauan Nasional yang dilakukan PDIP usai menggelar perayaan HUT ke-50 pada Selasa, 10 Januari. Targetnya, ada 50.000 pohon yang ditanam secara serempak di 27 kabupaten/kota se-Jawa Barat.

“Kegiatan ini merupakan rangkaian acara HUT ke-50 PDIP. Tentunya kami menjalankan amanat Ibu Ketua Umum, bahwa seluruh kader setelah HUT wajib turun ke tengah rakyat,” kata Ono.(faz/rid)

Berita Terkait