Senin, 29 April 2024

Terjemahan Khotbah Arafah Puncak Haji 2023 Tersedia dalam 20 Bahasa

Laporan oleh Billy Patoppoi
Bagikan
Ahmad bin Abdulaziz Al-Humaidi Wakil Presiden Umum untuk Bahasa dan Penerjemahan di Makkah, Sabtu (25/6/2023). Foto: Antara

Presidensi Umum Urusan Masjidil Haram dan Masjid Nabawi akan menyediakan terjemahan Khotbah Arafah dalam 20 bahasa, lebih banyak daripada sebelumnya.

“Untuk musim haji tahun ini, Khotbah Arafah akan diterjemahkan dalam 20 bahasa. Sebelumnya, Khotbah Arafah cuma diterjemahkan dalam 14 bahasa,” jelas Ahmad bin Abdulaziz Al-Humaidi Wakil Presiden Umum untuk Bahasa dan Penerjemahan di Makkah, Sabtu (25/6/2023).

Melansir laporan Antara, 20 bahasa itu adalah Bahasa Inggris, Prancis, Urdu, Jerman, Spanyol, Indonesia, Bengali, Melayu, Amharik, Hausa, Turki, Rusia, China, Persia, Tamil, Filipina, Bosnia, Swahili, Hindi, dan Swedia.

Al-Humaidi menjelaskan, Presidensi Umum berharap terjemahan Khotbah Arafah itu menjangkau 300 juta pendengar di seluruh dunia, melalui platform digital Manarat Al-Haramain.

Sekadar diketahui, Presidensi Umum menggunakan teknologi dan perangkat terbaru serta melibatkan tim penerjemah terlatih.

Al-Humaidi bilang, pemilihan penerjemah juga dilaksanakan dengan hati-hati untuk memastikan kelancaran dan ketepatan terjemahan. Penerjemah dipilih berdasarkan penguasaan tata bahasa, syariat, budaya, dan kepraktisan.

Di sisi lain, Syaukani Amron penerjemah Bahasa Indonesia mendapatkan tugas untuk menerjemahkan khotbah, kajian ilmiah dan buku-buku ke dalam Bahasa Indonesia.

Nantinya, terjemahan khotbah, kajian ilmiah dan buku-buku ke dalam berbagai bahasa itu disebarkan ke seluruh dunia.

“Ini adalah risalah dua Masjid Suci secara keseluruhan dan saya sangat bersyukur dapat diterima di sini menjadi penerjemah,” kata Syaukani.(ant/bil/rid)

Berita Terkait

Potret NetterSelengkapnya

Motor Tabrak Pikap di Jalur Mobil Suramadu

Mobil Tertimpa Pohon di Darmo Harapan

Pagi-Pagi Terjebak Macet di Simpang PBI

Surabaya
Senin, 29 April 2024
30o
Kurs