Selasa, 23 April 2024

Tiga Astronaut Ucapkan Selamat Tahun Baru Imlek dari Luar Angkasa

Laporan oleh Billy Patoppoi
Bagikan
Fei Junlong, Deng Qingming, dan Zhang Lu, tiga astronaut Shenzhou-15 menyampaikan ucapan selamat Tahun Baru Imlek dari stasiun luar angkasa Tiangong China melalui sebuah video. Foto: Antara/ Xinhua

Tiga Astronaut Sehnzhou-15 dari Badan Antariksa Berawak China (China Manned Space Agency/CMSA), Sabtu (21/1/2023) malam kemarin, merilis sebuah video ucapan selamat Tahun Baru Imlek.

Dilaporkan Antara, Minggu (22/1/2023), ketiga astronaut yang ada di stasiun luar angkasa Tiangong milik China bernama Fei Junlong, Deng Qingming, dan Zhang Lu.

Dengan jumpsuit berwarna biru berpola merah tua, para astronaut memegang stiker yang menunjukkan kaligrafi buatan mereka.

Dua dari stiker itu bertuliskan karakter bahasa Mandarin “fu”, yang berarti semoga beruntung, sementara stiker ketiga menyampaikan ucapan semoga beruntung dari Tiangong.

“Mengenakan pakaian baru, memakan pangsit, dan mengirim ucapan selamat. Tradisi dan suasana di sini pun sama (seperti di China),” ujar Zhang dalam video tersebut.

Ketiga astronaut pun menghias stasiun luar angkasa yang mengorbit dengan jarak sekitar 400 kilometer di atas Bumi dengan kuplet merah dan simpul China.

“Saya yakin saat ini banyak orang tetap bekerja seperti kami, yang juga merupakan salah satu bentuk kebahagiaan,” kata Deng.

Dalam video lainnya yang juga dirilis CMSA pada Sabtu, ketiga astronaut tersebut memamerkan 40 lukisan karya anak-anak dalam “pameran lukisan luar angkasa”, sebagai hadiah Tahun Baru Imlek untuk seluruh rakyat China.

Deretan lukisan yang diluncurkan bersamaan dengan misi Shenzhou-15 pada 29 November tahun lalu itu, menggambarkan kesan dan harapan anak-anak terkait pembangunan yang pesat, tradisi budaya yang beragam, dan penjelajahan antariksa yang berani yang dilakukan negara itu.

Seperti diketahui, misi Shenzhou-15 merampungkan tahap akhir dari pembangunan stasiun luar angkasa China, dan memulai tahap pertama dari penerapan dan pengembangannya.

Selama periode enam bulan yang akan mereka habiskan di orbit, kru Shenzhou-15 akan melakukan lebih dari 40 eksperimen dan pengujian di bidang penelitian dan aplikasi ilmu pengetahuan antariksa, pengobatan antariksa, dan teknologi antariksa, serta akan melaksanakan aktivitas di luar wahana antariksa (extravehicular activity) sebanyak tiga hingga empat kali.(ant/bil/rid)

Berita Terkait

Potret NetterSelengkapnya

Motor Tabrak Pikap di Jalur Mobil Suramadu

Mobil Tertimpa Pohon di Darmo Harapan

Pagi-Pagi Terjebak Macet di Simpang PBI

Surabaya
Selasa, 23 April 2024
32o
Kurs