Minggu, 28 April 2024

Tiga Ribuan WNI di Jepang Salat Idulfitri dan Bersilaturahmi Lebaran

Laporan oleh Billy Patoppoi
Bagikan
Ribuan WNI mengikuti Salat Idulfitri 1444 Hijriah yang digelar di lingkungan Sekolah Republik Indonesia Tokyo (SRIT), Sabtu (22/4/2023)

Sebanyak tiga ribuan orang diaspora dan Warga Negara Indonesia (WNI) mengikuti Salat Idulfitri 1444 Hijriah yang digelar di lingkungan Sekolah Republik Indonesia Tokyo (SRIT), Sabtu (22/4/2023) kemarin.

Turut hadir dalam kesempatan itu Heri Akhmadi Duta Besar (Dubes) Republik Indonesia untuk Jepang dan Mikronesia beserta istri, dan beberapa pejabat KBRI Tokyo lainnya.

Heri mengatakan, Idulfitri sebagai momentum mempererat silaturahmi WNI di Jepang.

Alhamdulillah, ini adalah Salat Idulfitri di Tokyo pascapandemi dengan peserta lebih dari 3000 orang yang dilakukan dalam lima gelombang. Salat Idulfitri ini merupakan acara puncak rangkaian kegiatan Ramadan dan Idulfitri hasil kolaborasi erat KBRI Tokyo dengan Keluarga Masyarakat Islam Indonesia (KMII) Jepang,” ujarnya dalam keterangannya yang diterima suarasurabaya.net, Minggu (23/4/2023).

“Penekanan kami bukan hanya salatnya, tetapi juga silaturahmi sesama WNI. Silaturahmi penting dilakukan sebagai salah satu penguatan komunikasi kelompok-kelompok diaspora dan WNI yang tersebar di seluruh Jepang,” tambahnya.

Usai mengikuti Salat Idulfitri, Heri berkesempatan bersilaturahmi dengan diaspora dan WNI yang hadir dari berbagai wilayah di Jepang. Antusiasme para WNI juga sangat terlihat dalam momen tersebut.

Safri, salah seorang WNI yang datang bersama keluarga dari Prefektur Chiba, Jepang mengaku senang dapat berlebaran bersama Dubes Heri dan WNI lainnya yang bermukim di Jepang.

“Hari yang membahagiakan untuk saya dan keluarga bisa salat dan silaturahmi dengan bapak Heri Dubes,” ujarnya.

Diketahui, selama Ramadan 1444 Hijriah, KBRI Tokyo dan KMII Jepang menyelenggarakan rangkaian kegiatan di antaranya Salat Tarawih, pesantren kilat untuk anak-anak, serta tablig akbar.

Salat Idulfitri di Tokyo dan sekitarnya juga diselenggarakan diaspora dan WNI di antaranya di Masjid Nusantara di Akihabara, dan Masjid Al-Ikhlas di Kabukicho.

Salat Idulfitri juga digelar KBRI Tokyo dan KMII, pada Jumat (21/4/2023). Sejumlah diaspora dan WNI juga menggelar Salat Idulfitri di berbagai kota di antaranya di Tokyo, Chiba, Osaka, Iruma, Nihara, Fukuyama dan Tokushima. (bil/rid)

Berita Terkait

Potret NetterSelengkapnya

Motor Tabrak Pikap di Jalur Mobil Suramadu

Mobil Tertimpa Pohon di Darmo Harapan

Pagi-Pagi Terjebak Macet di Simpang PBI

Surabaya
Minggu, 28 April 2024
29o
Kurs