Minggu, 28 April 2024

Tiket Kereta Api Lokal Surabaya Diwacanakan Terintegrasi Ojol dan Transprotasi Publik Lain

Laporan oleh Meilita Elaine
Bagikan
Para calon penumpang kereta api di Stasiun Surabaya Gubeng yang akan melakukan perjalanan. Foto: PT KAI

KAI Commuter berencana menerapkan tiket integrasi kereta api lokal dengan ojek online maupun transportasi publik lain, di semua stasiun Kota Surabaya.

Anne Purba VP Corporate Secretary KAI Commuter Indonesia (KCI) menyebut, program Go Transit itu sudah diterapkan lebih dulu di Jabodetabek, Yogyakarta, dan Solo.

“Saat ini kami sedang melakukan kajian di Surabaya, bagaimana konektivitas masyarakat di sini dengan ojol tentu kami kordinasi dengan KAI karena ini butuh untuk lokasi transitnya. Sehingga, ini upaya kita bekerjasama untuk antar modanya,” terang Anne, Rabu (24/5/2023).

Integrasi tiket itu, lanjutnya, untuk memudahkan penumpang menuju dan keluar stasiun.

“Jadi orang ke stasiun mudah, kemudian menuju tujuan di luar stasiun juga mudah. Tetapi ini kami juga melihat potensi-potensi antar moda seperti bus dan angkutan umum lainnya,” imbuhnya.

Secara jangka panjang, jika rencana itu sudah diterapkan di Surabaya, penumpang hanya perlu membayar satu tiket sudah termasuk perjalanan dari rumah menuju stasiun hingga naik kereta api ke titik tujuan. “Jangka panjang demikian (bayar satu tiket) ini masih kita kaji,” terangnya lagi.

Ia belum tahu kapan rencana ini akan diterapkan, namun Anne menyebut secepatnya. “Update akan kita infokan lebih lanjut,” tambah Anne.

Selain ojek online, Anne menyebut masih berkoordinasi eengan Dinas Perhubungan Surabaya untuk mengintegrasikan pembayaran tiket kereta dengan moda transportasi publik milik pemkot.

“Di Yogyakarta, Solo, kami sudah bekerjasama dengan Trans Yogyakarta, dan sangat dibuka kemungkinan kami juga bekerja dengan transportasi publik yang dikelola pemerintah daerah di sini. Jadi sampai saat ini yang sudah kami diskusikan adalah konektivitas dan integrasi dengan pembayaran satu kartu,” bebernya. (lta/bil/faz)

Berita Terkait

Potret NetterSelengkapnya

Motor Tabrak Pikap di Jalur Mobil Suramadu

Mobil Tertimpa Pohon di Darmo Harapan

Pagi-Pagi Terjebak Macet di Simpang PBI

Surabaya
Minggu, 28 April 2024
29o
Kurs