Jumat, 26 April 2024

Tim Robotika ITS Panen Gelar di Kontes Robot Indonesia Wilayah II

Laporan oleh Risky Pratama
Bagikan
Robot Vi-Rose ITS saat beraksi pada perlombaan kategori Kontes Robot Seni Tari Indonesia (KRSTI) secara daring di ajang KRI Wilayah II 2023. Foto: ITS

Tim Robotika Institut Teknologi Sepuluh Nopember (ITS) menyabet enam penghargaan dari tujuh kategori di Kontes Robot Indonesia (KRI) 2023 Wilayah II.

Acara yang diselenggarakan oleh Pusat Prestasi Nasional (Puspresnas) Kementerian Pendidikan, Kebudayaan, Riset, dan Teknologi (Kemendikbudristek) itu, berlangsung pada 2-4 Juni 2023.

Tujuh kategori yang dilombakan adalah Kontes Robot ABU Indoneisa (KRAI), Kontes Robot SAR Indonesia (KRSRI), Kontes Robot Seni Tari Indonesia (KRSTI), Kontes Robot Sepak Bola Indonesia (KRSBI) Beroda, Kontes Robot Sepak Bola Indonesia (KRSBI) Humanoid, Kontes Robot Bawah Air Indonesia (KRBAI), dan Kontes Robot Tematik Indonesia (KRTMI).

Dari ketujuh kategori itu, tim robotika berjaya di enam di antaranya. Mereka menjuarai KRSBI humanoid oleh tim Ichiro, juara KRSTI oleh tim Vi-Rose, juara KRBAI oleh tim Banyubramanta, dan juara KRAI ooleh tim Risen. Lalu runner-up KRTMI dan KRSBI beroda oleh tim Iris.

Muhtadin Koordinator Tim Robotika ITS mengatakan, tim ITS melakukan persiapan selama tiga bulan menuju kompetisi ini.

Tim robot Ichiro ITS saat berlaga di ajang KRI Wilayah II 2023 untuk kategori Kontes Robot Sepak Bola Indonesia (KRSBI) Humanoid. Foto: ITS

Prosesnya pun panjang. Mulai dari seleksi proposal, evaluasi penilaian dan laporan, hingga visitasi secara daring oleh juri sebelum melaksanakan perlombaan.

“Tantangan dan kendala setiap tim juga berbeda-beda. Terutama pengembangan pada robot di kategori KRAI. Di mana terdapat inovasi berupa ring yang harus dilemparkan oleh robot dengan sasaran sebuah tiang. Sehingga kami melakukan berbagai variasi percobaan untuk menemukan metode yang tepat,” katanya

Kesuksesan di KRI Wilayah II 2023 mengantarkan mereka ke ajang KRI 2023 di tingkat nasional. Acara ini digelar secara luring di Universitas Semarang (USM) pada tanggal 21-26 Juni.

“Untuk memaksimalkan waktu yang ada, kami mencoba melakukan simulasi perlombaan dengan menggunakan beberapa robot kami sebagai lawan,” terangnya.

Dosen Departemen Teknik Komputer, Fakultas Teknologi Elektro dan Informatika Cerdas (FTEIC) ITS ini berharap, tim robot ITS dapat kembali menorehkan prestasi di tingkat kejuaraan yang lebih tinggi.

“Semoga kami bisa mempertahankan Juara Umum KRI tingkat Nasional enam kali berturut-turut pada tahun ini,” tutur Muhtadin. (ris/saf/ipg)

Berita Terkait

Potret NetterSelengkapnya

Motor Tabrak Pikap di Jalur Mobil Suramadu

Mobil Tertimpa Pohon di Darmo Harapan

Pagi-Pagi Terjebak Macet di Simpang PBI

Surabaya
Jumat, 26 April 2024
29o
Kurs