Kamis, 2 Mei 2024

Tingkatkan Jumlah Startup Digital di Indonesia, Kemenparekraf Luncurkan Program BEKUP

Laporan oleh Ika Suryani Syarief
Bagikan
Sandiaga Salahuddin Uno Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif dalam "Kick-off BEKUP 2023", Kamis (2/3/2023), Foto: Kemenparekraf

Untuk tingkatkan jumlah startup digital berkualitas di Indonesia, Kementerian Pariwisata dan Ekonomi Kreatif/Badan Pariwisata dan Ekonomi Kreatif (Kemenparekraf/Baparekraf) meluncurkan program “Baparekraf for Startup (BEKUP) 2023”.

Sandiaga Salahuddin Uno Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif/Kepala Badan Pariwisata dan Ekonomi Kreatif (Menparekraf/Kabaparekraf) mengatakan, Kemenparekraf/Kabaparekraf akan berkomitmen membangun ekosistem sistem startup digital yang lebih baik agar dapat memunculkan startup digital yang berkualitas.

Melansir dari laman resmi Kemenparekraf, ‘BEKUP’ akan menjadi ruang bagi pelaku startup digital untuk meningkatkan kapasitas dan kemampuan dengan keterampilan dan pengetahuan yang dibutuhkan dalam menjalankan startup.

Tak hanya itu, program ini juga membuka kesempatan bagi pelaku startup yang memiliki rencana untuk membangun bisnis jangka panjang berbasis produk digital yang inovatif. 

Menparekraf menjelaskan di “BEKUP 2023”, para peserta berkesempatan untuk mengikuti bootcamp dengan mentor-mentor dari profesional, mendapatkan pendampingan untuk membantu mengatasi permasalahan yang dihadapi oleh founder startup, serta berpartisipasi dalam demo day.

“’BEKUP’ memberikan kesempatan bagi para pendiri startup untuk mendapatkan dukungan dan fasilitas yang sesuai dengan kebutuhan founder startup. Fasilitasi ini diperlukan sehingga dapat mengatasi berbagai tantangan yang mungkin mereka hadapi,” kata Sandiaga, Kamis (2/3/2023).

Menparekraf berharap melalui program ini, para pelaku startup dapat mengambil peran dalam penciptaan solusi inovatif dan modern untuk menghadapi setiap tantangan yang ada guna mendukung dan mendorong ekosistem startup digital Indonesia dalam merealisasikan optimisme ekonomi nasional di 2023.

“Pada ‘BEKUP 2023’ kami menargetkan akan ada 24 startup yang bisa mengikuti inkubasi selama tiga bulan dengan materi pelatihan yang komprehensif. Setelah mengikuti pelatihan BEKUP kami harap akan ada dampak langsung bagi startup maupun masyarakat luas,” tutur Sandiaga. 

Pendaftaran program BEKUP 2023 resmi dibuka mulai kamis (2/3/2023)  hingga 21 Maret 2023. Untuk menyosialisasikan program ini, Kemenparekraf juga akan melakukan roadshow di tiga kota yakni Bandung, Semarang, dan Surabaya.(abd/faz)

Berita Terkait

Potret NetterSelengkapnya

Massa Hari Buruh Berkumpul di Frontage Ahmad Yani

Motor Tabrak Pikap di Jalur Mobil Suramadu

Mobil Tertimpa Pohon di Darmo Harapan

Surabaya
Kamis, 2 Mei 2024
29o
Kurs